Pengaruh Suasana Kedai Kopi, Harga, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru
Abstract
Meningkatnya tren dan budaya mengonsumsi kopi di kalangan masyarakat Indonesia membuat para pebisnis domestik merespon fenomena ini dengan ramainya membuka gerai-gerai kedai kopi, jumlahnya terus meningkat hingga tiga kali lipat. Perkembangan tersebut juga terjadi di Kota Banjarbaru. Situasi tersebut mengakibatkan persaingan antarkedai kopi yang semakin kompetitif sehingga dibutuhkan atribut-atribut tertentu sebagai kelebihan sebuah kedai kopi untuk mempertahankan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan suasana kedai kopi, harga, dan lokasi terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Pada penelitian ini variabel eksogen yang digunakan adalah suasana kedai kopi (X1), harga (X2), dan lokasi (X3). Sementara itu, variabel endogen yang digunakan adalah Loyalitas Konsumen (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Suasana kedai kopi berpengaruh positif sebesar 0,406 dan signifikan (H1 diterima) terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru, (2) Harga berpengaruh positif sebesar 0,238 dan signifikan (H2 diterima) terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru, dan (3) Lokasi berpengaruh positif sebesar 0,167, tetapi tidak signifikan (H0 tidak dapat ditolak) terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru.
Full Text:
PDFReferences
Arifin. 2020. Insight for Succesful Coffe Shop Business. Toffin, Jakarta.
Fornell, C & Larcker, D. 1981. Evaluating Strucural Equation Modeling with Unobserveanle Variable and Measurement Error. Journal of Marketing Research Vol 19, 440 – 452.
Ghozali. 2014. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP, Semarang
Ghozali. 2021. Structural Equation Modeling dengan Metode Alternatif Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit UNDIP, Semarang
Katarika, D. M., & Syahputra. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop di Bandung. Jurnal Ecodemica Vol. 1 No. 2, 162
Kotler, P., & Keller, K. L. 2014. Marketing Management 4th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall Inc.
Nofindri, M. L., Sutarjo, A., & Hadya, R. 2021. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Interverning di Mini Market Wirda Kota Padang. Jurnal Matua Vol. 3 No. 1, 59 – 72.
Sanny, L. 2009. Strategi Peningkatan Loyalitas Konsumen dengan Diferensiasi. Jurnal Psikologi Vol. 1 No. 7, 34-37.
Wold, H. 1985. Partial Least Square. Encyclopedia of Statistical Sciences Vol. 8, 587 – 599.
DOI: https://doi.org/10.20527/frontbiz.v7i2.9479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: [email protected]