Pengaruh Suasana Kedai Kopi, Harga, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru

Rosari Rizqiya Farhana, Hairin Fajeri, Ana Fauziatun Nisa

Abstract


Meningkatnya tren dan budaya mengonsumsi kopi di kalangan masyarakat Indonesia membuat para pebisnis domestik merespon fenomena ini dengan ramainya membuka gerai-gerai kedai kopi, jumlahnya terus meningkat hingga tiga kali lipat. Perkembangan tersebut juga terjadi di Kota Banjarbaru. Situasi tersebut mengakibatkan persaingan antarkedai kopi yang semakin kompetitif sehingga dibutuhkan atribut-atribut tertentu sebagai kelebihan sebuah kedai kopi untuk mempertahankan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan suasana kedai kopi, harga, dan lokasi terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Pada penelitian ini variabel eksogen yang digunakan adalah suasana kedai kopi (X1), harga (X2), dan lokasi (X3). Sementara itu, variabel endogen yang digunakan adalah Loyalitas Konsumen (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Suasana kedai kopi berpengaruh positif sebesar 0,406 dan signifikan (H1 diterima) terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru, (2) Harga berpengaruh positif sebesar 0,238 dan signifikan (H2 diterima) terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru, dan (3) Lokasi berpengaruh positif sebesar 0,167, tetapi tidak signifikan (H0 tidak dapat ditolak) terhadap loyalitas konsumen Manupi Coffee di Kota Banjarbaru.


Full Text:

PDF

References


Arifin. 2020. Insight for Succesful Coffe Shop Business. Toffin, Jakarta.

Fornell, C & Larcker, D. 1981. Evaluating Strucural Equation Modeling with Unobserveanle Variable and Measurement Error. Journal of Marketing Research Vol 19, 440 – 452.

Ghozali. 2014. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP, Semarang

Ghozali. 2021. Structural Equation Modeling dengan Metode Alternatif Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit UNDIP, Semarang

Katarika, D. M., & Syahputra. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop di Bandung. Jurnal Ecodemica Vol. 1 No. 2, 162

Kotler, P., & Keller, K. L. 2014. Marketing Management 4th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall Inc.

Nofindri, M. L., Sutarjo, A., & Hadya, R. 2021. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Interverning di Mini Market Wirda Kota Padang. Jurnal Matua Vol. 3 No. 1, 59 – 72.

Sanny, L. 2009. Strategi Peningkatan Loyalitas Konsumen dengan Diferensiasi. Jurnal Psikologi Vol. 1 No. 7, 34-37.

Wold, H. 1985. Partial Least Square. Encyclopedia of Statistical Sciences Vol. 8, 587 – 599.




DOI: https://doi.org/10.20527/frontbiz.v7i2.9479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Frontier Agribisnis diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
Jl. Jend. Ahmad Yani Km. 36, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70714, Indonesia
Email: [email protected] 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License