PENGARUH BERMAIN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK ANAK SEKOLAH DASAR PADA KONSEP LINGKUNGAN SEHAT

Abdurrahim Abdurrahim, Fahmi Fahmi

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik pada anak usia 6 tahun di SDN Kuin Selatan 6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain kolase terhadap kemampuan motorik anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group prestest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara kegiatan bermain kolase terhadap kemampuan motorik anak. Dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan motorik anak SDN Kuin Selatan 6.

Kata kunci: Sekolah dasar, bermain kolase, kemampuan motorik.

 

The problem in this study is the low motor skills of 6-year-old children at SDN Kuin Selatan 6. This study aims to determine the effect of collage playing activities on children's motor skills. The research method used is pre-experimental with a one group pretest-posttest design. The sampling technique uses saturated samples. The data collection technique used is the observation technique. The results of the study showed an effect between collage playing activities on children's motor skills. Evidenced by an increase in the motor skills of children at SDN Kuin Selatan 6.

Keywords: Elementary school, collage play, motor skills.


Full Text:

PDF

References


Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan pengembangan anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Gramedia.

Masitoh. (2008). Strategi pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Pasal 34 tentang Wajib Belajar. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kombinasi. Alfabeta Bandung: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v4i1.13309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.