INKUIRI TERBIMBING DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI ASAM BASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas siswa, keterampilan proses sains siswa dan ketuntasan belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakkan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Siklus I diadakan tiga kali pertemuan dan siklus II diadakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Banjarmasin yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus I dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan kriteria sangat baik (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada siklus I sebesar 72% dengan kriteria baik dan pada siklus II sebesar 95,84% dengan kriteria istimewa (3) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi asam sebesar 72,97%, yaitu dari 27,03% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, asam basa.
This study aims to improve student activity, students' science process skills and students' learning completeness in acid-base material. This study uses a classroom action research design implemented in 2 cycles. Each cycle consists of planning, action implementation, observation and evaluation stages, and analysis and reflection. Cycle I was held in three meetings and cycle II was held in two meetings. The subjects of the study were 37 students of class XI IPA 3 of SMA Negeri 3 Banjarmasin. Data collection techniques used observation, interview, and test techniques. The results of the study showed that (1) The application of the guided inquiry learning model can increase student activity in cycle I with good criteria increasing in cycle II with very good criteria (2) The application of the guided inquiry learning model can increase students' science process skills in cycle I by 72% with good criteria and in cycle II by 95.84% with excellent criteria (3) The application of the guided inquiry learning model can increase students' learning completeness in acid material by 72.97%, namely from 27.03% in cycle I to 100% in cycle II.
Keywords: Guided inquiry, science process skills, acids bases.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, P. S., Probosari, R. M., & Harlita. (2011). Pengaruh metode inkuiri terpimpin dalam pembelajaran Biologi terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari minat belajar siswa SMA tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 3. No 3. Hal 26-35.
Andriani, N., Husaini, I., & Nurliyah, L. (2011). Efektifitas penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada mata pelajaran Fisika pokok bahasan cahaya di kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Padang. SNIPS. Bandung.
Bilgin, I. (2009). The Effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Scientific research and essay. Scientific Reseach and Essay, 4(10): 1038-1046.
Dahar, R.W & Sumarna, A. (1986). Buku materi pokok pengelolaan pengajaran Kimia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2004). Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Selatan tentang pedoman penyelenggaraan ujian akhir nasional bagi sekolah madrasah tahun pelajaran 2003/2004. Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan.
Dimyanti & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ergul, R, S., Yeter, C., Sevgul, O., Zehra, G., Sirin., & Meral, S. (2011). The Effects of inquiry-based science teaching on elementary school students’ science process skills and science attitudes. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1).
Fadillah, K. (2011). Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konseptual siswa pada materi hidrolisis garam. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.
Gulo, W. (2002). Strategi belajar-mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Maasawet, E, T. (2011). Meningkatkan kemampuan kerjasama belajar biologi melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing pada siswa kelas vii SMP Negeri VI Kota Samarinda tahun pelajaran 2010/2011. Bioedukasi, 1(2).
Muwarni, E. D. (2006). Peran guru dalam membangun kesadaran kritis siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol 6. Hal 56-68
Paidi. (2009). Peningkatan scientific skill siswa melalui implementasi metode guided inquiry. Jurnal Teknodika DN , 7(1): 1-5.
Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Group.
Sartika, E. A. (2012). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA di kota Banjarmasin. Skripsi Sarjana: Universitas Lambung Mangkurat. Tidak dipublikasikan
Semiawan, C., Tangyong, A., Balen, S., Matahelemual, Y., & Suseloardjo, W. (1992). Pendekatan keterampilan proses. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Susiwi. (2007). Pendekatan pembelajaran dalam pembelajaran Kimia. Bandung: UPI.
Suwasono, P. (2011). Upaya meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa fisika angkatan tahun 2010/2011 ofering M kelas G melalui penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing. Jurnal Fisika, 15(1).
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Prenada Media.
Wahyuningsih., Endsang., Hantoro., & Indana, S. (2011). Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kinerja ilmiah pada mata pelajaran ilmu pengetahuan IPA. Jurnal PTK Vol Khusus.
Wulanningsih, S., Prayitno, B, A., &Probosar, R, M. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan akademik 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.20527/i.v4i1.13311
Refbacks
- There are currently no refbacks.