Pengembangan Media Articulate Storyline Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Materi Tekanan Zat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiken, L. R. (1985). Three coefficient for analyzing the realiability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45 (1), 131-142.
Amin, B. D., Mahmud, A., & Muris. (2016). The development of physics learning instrument based on hypermedia and its influence on the student problem solving skill. Journal of Education and Practice, 7 (6), 22-28.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
Ariyanti, K. W., & Sulisworo, D. (2019). Integrasi TPACK dalam pengembangan multimedia berbasis powtoon pada pembelajaran dengan pokok bahasan gelombang berjalan dan gelombang stasioner di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6 (2), 1-6.
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2), 193-204.
Borich, G. D. (2003). Observation skills for effective teaching. Pearson Education.
Dasrita, Y. (2018). Meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangkinang melalui metode pembelajaran problem solving. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (5), 1116-1126.
Dewi, I. N., Poedjiastoeti, S., & Prahani, B. K. (2017). Elsii learning model based local wisdom to improve students problem solving skills and scientific communication. International Journal of Education and Research, 5 (1), 107-118.
Geni, K. H., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan CTL pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SD. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8 (2), 1-16.
Habibi, M., Zainuddin, & Misbah. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pengajaran langsung pada pokok bahasan tekanan. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5 (1), 1-17.
Hadinurdina, & Kurniati, A. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah tsanawiyah. Journal for Research in Mathematics Learning, 1 (3), 189-198.
Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., Annur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics Conference Series, 1088 (1), 1–6.
Hasan, B. (2019). The analysis of students critical thinking ability with visualizer-verbalizer cognitive style. International Journal of Trends Education Research, 2 (3), 142-147.
Hasani, N. L., Hartini, S., & Annur, S. (2019). Meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter kayuh baimbai melalui modul fisika bermuatan kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3 (2), 65–76.
Indasari, P. N., & Budiyanto, M. (2019). Theoretical feasibility of interactive multimedia based on articulate storyline in liquid pressure. E-Journal Pensa, 7 (2), 14-18.
Iqbal, M., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Penerapan model problem solving dalam meningkatkan penguasaan konsep materi asam basa arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7 (1), 50-62.
Kemendikbud. (2017). Buku IPA SMP kelas VIII semester 2. Kemendikbud.
Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2017). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran gerak lurus. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2 (2), 15-22.
Polya, G. (1971). How to solve it: a new aspect of mathematical method. Princeton University Press.
Pratama, R. A. (2018). Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7 (1), 19-35.
Ramadhanti, Mastuang, & Mahardika, A. I. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika topik elastistas menggunakan model pengajaran langsung untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (2), 65-75.
Saidah, R. N., & Nurita, T. (2017). Keterampilan pemecahan masalah IPA siswa SMP kelas VIII pada materi tekanan zat cair. E-Journal Pensa, 5 (3), 226-231.
Saputri, A. A., & Wilujeng, I. (2017). Developing physics e-scaffolding teaching media to increase the eleventh-grade students problem solving ability and scientific attitude. International Journal of Environmental and Science Education, 12 (4), 729-745.
Syabri, K., & Elfizon. (2020). Pengembangan media pembelajaran menggunakan software articulate storyline pada pembelajaran dasar listrik elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1 (1), 95-99.
Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi bahan ajar sains berbahasa inggris berbasis metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3 (2), 224-234.
Wardani, D. S. (2020). Usaha peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui model problem based learning di kelas V SDN Babatan V/460 Surabaya. Journal of Elementary Education, 3 (4), 104-117.
Widoyoko, S. E. (2017). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Pustaka Pelajar.
Yasin, A. N. (2017). Kelayakan teoritis multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7 (1), 169-174.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2), 21-28.
Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning: Validitas dan reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 15 (5), 554-557.
DOI: https://doi.org/10.20527/i.v2i1.7384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science
IJSEAS has been Indexed by: This work is licensed under CC BY-SA 4.0 |