Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Melatih HOTS Peserta Didik pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan

Muhammad Adib Anshori, Arif Sholahuddin, Ellyna Hafizah

Abstract


Higher Order Thinking Skills (HOTS) penting bagi peserta didik karena dalam kehidupan sehari-hari seringkali berhadapan dengan masalah baik yang berasal dari dalam dirinya sendiri maupun dari lingkungannya, namun kemampuan HOTS peserta didik umumnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis android untuk melatih HOTS peserta didik pada materi teknologi ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini diuji cobakan pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Martapura. Teknik analisis data yang digunakan yaitu aiken v, persentase dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan mendapatkan skor validitas 0,86, skor kepraktisan 93,28% dan skor keefektifan sebesar 0,76. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran IPA di SMP dan dapat digunakan untuk melatih HOTS peserta didik. Perlu diujicoba lebih lanjut dengan menambahkan video permasalahan yang ada dalam media pembelajaran dan melibatkan subjek penelitian yang lebih banyak.

Keywords


Android; HOTS; Media Pembelajaran; Teknologi Ramah Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Ariawan, B. (2015). Menyelesaikan permasalahan program linear menggunakan geogebra. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (pp. 69-85).

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Curum, B., & Khedo, K. K. (2021). Cognitive load management in mobile learning systems: principles and theories. Journal of Computers in Education, 8(1), 109-136. https://doi.org/10.1007/s40692-020-00173-6

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176)

Gurria, A. (2015). Programme for internasional student assessment (pisa) 2015. results in focus. Source:EOCD 2018

Imamuddin, M., Fitri, H., & Rahmadila, R. (2019). Hubungan game online dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP. Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 11-22. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.1.11-22

Kim, D., Rueckert, D., Kim, D.J., & Seo, D. (2013). Students’ preceptions and experiences of mobile learning. Journal of Language Learning dan Technology.17(3), 52- 73.

Komarudin, K., Suherman, S., Puspita, L., Arrafiansyah, R., & Hasanah, U. (2020). Program course lab 2.4 mathematics learning media for increasing of creativity domain at Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Gifted Education and Creativity, 7(3), 131-136.

Lu, K., Yang, H. H., Shi, Y., & Wang, X. (2021). Examining the key influencing factors on college students’ higher-order thinking skills in the smart classroom environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1-13. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00238-7

Murdowo, D., Rachmawati, R., Adriyanto, A. R., & Prahara, G. A. (2021). Perancangan prototipe mobile learning “wawasan kebangsaan” berbasis android bagi milenial sebagai solusi pembelajaran situasi pandemi. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 375-388. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4517

Ng, S. F., Azlan, M. A. K., Kamal, A. N. A., & Manion, A. (2020). A quasi-experiment on using guided mobile learning interventions in ESL classrooms: Time use and academic performance. Education and information technologies, 25(6), 4699-4719. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10191-7

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pakpahan, A.F., Ardiana, D.P.Y., Mawati, A.T., Wagiu, E.B., Simarmata, J., Mansyur, M.Z., Purba, L.I.B., Chamidah, D., Jamaludin, F.J.K., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pedro, L. F. M. G., de Oliveira Barbosa, C. M. M., & das Neves Santos, C. M. (2018). A critical review of mobile learning integration in formal educational contexts. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 1-15. DOI 10.1186/s41239-018-0091-4

Rofiah, A., Rustana, C. E., & Nasbey, H. (2015). Pengembangan buku pengayaan pengetahuan berbasis kontekstual pada materi optik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). 4.

Setiyoaji, W. T., Supriana, E., & Laksono, Y. A. (2020). Pengembangan e-book berbasis android dengan soal hots untuk membantu menganalisis besaran pada materi gerak lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 114-120. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1725

Sobon, K., & Mangundap, J. M. (2019). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajr siswa sekolah dasar di kecamatan Mapanget, kota Manado. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 3(1), 52-64. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106198

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pengembangan. Bandung: Alfabeta

Wale, B. D., & Bishaw, K. S. (2020). Effects of using inquiry-based learning on EFL students’ critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbantuan adobe flash cs6 berbasis android pokok bahasan segitiga. Jurnal Gammath. 3(1). https://doi.org/10.32528/gammath.v3i1.1093




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science



IJSEAS has been Indexed by:

This work is licensed under CC BY-SA 4.0