Pelatihan Pembuatan LKPD Elektronik Berbasis Kompetensi Siswa Dan Lingkungan Sekolah Kepada Guru Biologi SMA/Sederajat
Abstract
Pengajaran paradigma baru yang dicanangkan oleh pemerintah pada kurikulum merdeka di SMA merujuk pada pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa dan budaya daerah setempat dengan model Teaching at Right Level dan Culturally Responsive Teaching. Salah satu perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan model tersebut adalah lembar kerja peserta didik (LKPD). Ketrampilan penyusunan lembar kerja peserta didik (LKPD) harus dimiliki oleh para guru yang akan melaksanakan pengajaran di Sekolah., khususnya LKPD elektronik yang mudah digunakan dan efektif dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini untuk membangun ketrampilan guru Biologi SMA/sederajat dalam penyusunan LKPD elektronik. Metode yang digunakan: 1) Penyampaian materi tentang LKPD dan pembuatan LKPD elektronik; 2) Praktek pembuatan LKPD elektronik. Hasil kegiatan berupa: 1) Peningkatan keterampilan guru Biologi dalam membuat LKPD elektronik; 2) Peningkatan keterampilan guru dalam merancang LKPD berbasis kemampuan siswa, lingkungan sekolah, keterampilan berpikir kritis siswa serta permaslahan yang ada di sekitar siswa; dan 3) Respon peserta kegiatan setelah mengikuti pelatihan 100% menyatakan bahwa mereka memerlukan pelatihan pembuatan LKPD elektronik ini, dan 100% guru menyatakan termotivasi untuk membuat LKPD elektronik sendiri karena selain membuatnya tidah sulit, LKPD elektronik diyakini dapat memotivasi serta memudahkan siswa dalam belajar. LKPD elektronik yang dilatihkan diharapkan diimplementasikan pada pelaksanaan kurikulum Merdeka karena telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan menerapkan ketrampilan berpikir kritis abad 21 serta berbasis IT. Setelah kegiatan, peserta mampu membuat LKPD interaktif dengan bantuan aplikasi Live Worksheet walaupun sebelumnya 100% peserta pelatihan belum pernah menggunakan dan membuat LKPD digital dan secara interaktif dengan aplikasi Live worksheet.
Full Text:
PDFReferences
Annida, S. F., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Lkpd Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pembelahan Sel. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 155. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.12111
Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 2(1).
Adawiyah, R., Zaini, M., & Ajizah, A. (2022). Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan LKPD-elektronik konsep virus. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 78–87. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.18
Nichola Eka Buana. (2022). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem Di Sman 1 Pasir Sakti. In Universitas Lampung. Universitas Lampung.
Daryanto, D. & D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Gava Media).
Dermawati, N., Suprapta, dan M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78.
Dharmayanti, P., & Alicia Farma, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Pendekatan Kontekstual tentang Materi Protista untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA.
Kumala, C. I., & Admoko, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 1 Kedungwaru. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3).
Lestari, A. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-Lkpd ) Berbasis Web Liveworksheet Di Sman 5 Metro. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 11(1), 39–50.
Lubis, R.R., dan Lestari, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Kelas VIII SMP Negeri 5 Rambah Samo pada Materi Gerak pada Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 3(1).
Mardhatilah, R. Z. M. dan K. (2022). Pengaruh LKPD-Elektronik sistem gerak terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Praktisi Pendidikan (HAFECS), 1(2), 53–64.
Mispa, R. Putra, A.P. dan Zaini, M. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Live Worksheet Pada Konsep Protista Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 3(1).
Nabella, E., Zaini, M., & Ajizah, A. (2020). Development of Worksheets for High School Biology Student-Based On Critical Thinking Skills on the Circulation System Concept. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 47. https://doi.org/10.20527/bino.v2i1.7980
Nada, Q., Zaini, M., & Ajizah, A. (2022). Implementasi e-LKPD liveworksheets archaebacteria dan eubacteria: Pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 88–96. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.21
Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru BiologiSebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89–96.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Zaini, M., Amintarti, S., Ajizah, A., Nadhira, D. M., Hariati, M., & Hidayati, H. (2020). Student Worksheets Microbial Concepts Based On Urban Wetlands to Improve Critical Thinking Skills at High School Levels. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 53. https://doi.org/10.20527/bino.v2i1.8154
DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v3i3.11624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Lambung Mangkurat
Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kotak Pos 219 Banjarmasin 70123 Telp/Fax: (0511) 3305240
✉Email :[email protected]
Contact Person: Whatsapp -> Nurul (082193508414)
🔎Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Pengiriman naskah/registrasi : https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Unduhan Panduan Penulisan: https://bit.ly/Template_Jurnal_Ilung