Kemitraan Penguatan Strategi Pemasaran Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan Kota Banjarmasin
Abstract
Kelompok pengolah hasil ikan kota Banjarmasin merupakan kelompok pemberdayaan masyarakat yang berada di bawah pendampingan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin (DKP3). Berdirinya kelompok pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah produk hasil ikan serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. Namun terdapat permasalahan yang dihadapi oleh kelompok pengolah hasil ikan di kota Banjarmasin, yaitu: 1) pendapatan berkurang akibat terjadinya pandemic covis-19. 2) kurangnya pemaham tentang pemasaran berbasis digital marketing karena masih memakai teknik manual. Metode yang digunakan adalah kooperatif-partisipasi dengan melibatkan beberapa anggota kelompok pengolah hasil ikan. Hasil dari pengabdian ini adalah pembinaan dan penguatan dari sistem digital marketing dan relationship marketing untuk menunjang penjualan kelompok dari hasil ikan tersebut. Pemaparan tentang strategi digital marketing di lihat dari 4C yaitu customer, cost, communication, dan convenience. Sedangkan tujuan adanya relationship marketing adalah 1) menemukan life time value dari pelanggan dan terus diperbesar dari tahun ke tahun; 2) menggunakan profit yang didapat dari tujuan tadi untuk mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah; dan 3) tujuan jangka panjang dari RM adalah menghasilkan keuntungan terus menerus dari dua kelompok pelanggan tetap dan pelanggan baru. Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu menunjang dan mempermudah kelompok pengolah hasil ikan kota Banjarmasin dalam menerapkan pemasaran melalui media sosial .
Kata kunci: hasil ikan; digital marketing; relationship marketing
Full Text:
PDFReferences
Fortunata, P., & Quamila, N. (2020). 4C dalam Berbisnis: Customers, Cost, Convenience, Communication. Karja, 1. https://kumparan.com/karjaid/4c-dalam-berbisnis-customers-cost-convenience-communication-1t1q06ld9Ek/full/gallery/1
Goh, T. H., & Sunny, H. . (2005). Marketing Wise. PT. Bhuana Ilmu Populer.
ID., J. (n.d.). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Mekari Jurnal. Retrieved September 12, 2022, from https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
Mandasari, C. S., Idawati, I. A. A., & Mahendrawati, N. L. M. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Nelayan Sumber Ayu. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING, 4(November), 314–320. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/29630
Syafari, M. R., Ridwan, M. N. I., & Azwari, T. (2021). STRATEGI PEMBERDAYAAN KELOMPOK PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN DI KOTA BANJARMASIN. In American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics (Vol. 160, Issue 5). https://doi.org/10.1016/j.ajodo.2021.09.001
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Penerapan dan Penelitian. Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v2i3.6378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Lambung Mangkurat
Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kotak Pos 219 Banjarmasin 70123 Telp/Fax: (0511) 3305240
✉Email :[email protected]
Contact Person: Whatsapp -> Nurul (082193508414)
🔎Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Pengiriman naskah/registrasi : https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Unduhan Panduan Penulisan: https://bit.ly/Template_Jurnal_Ilung