Meningkatkan Motivasi Belajar dan Inovasi Pembelajaran Keagamaan Santri Masjid Nurul Iman di Desa Cilame Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung
Abstract
Santri sebagai generasi penerus bangsa dan agama perlu dibekali ilmu baik berupa ilmu pendidikan umum maupun keagamaan. Masjid sebagai tempat beribadah Umat Muslim dapat digunakan sebagai tempat untuk memberikan pembelajaran keagamaan kepada santri. Motivasi belajar santri perlu untuk dijaga dan ditingkatkan agar santri senantiasa bersemangat dalam belajar. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan ilmu agama melalui suatu inovasi pembelajaran agar santri dapat selalu termotivasi dan bersemangat dalam belajar keagamaan. Metode yang digunakan berupa praktik secara langsung yang dilakukan oleh mahasiswa KKN kepada santri Masjid Nurul Iman Desa Cilame Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. Program yang telah berhasil dilaksanakan diantaranya: berkontribusi dalam proses pembelajaran, pembelajaran dengan kreasi seni dan mengadakan modul latihan menulis huruf hijaiyah. Adapun hasil dari program yang telah dilaksankan memberikan dampak yang signifikan dimana santri terlihat sangat antusias dalam pembelajaran dan termotivasi serta bersemangat dalam belajar keagamaan.
Kata kunci: Motivasi belajar; Inovasi pembelajaran; Keagamaan
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Khairuni, N., & Widyanto, A. (2018). Mengatasi Krisis Spiritual Remaja di Banda Aceh Melalui Revitalisasi dan Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam Resolving Teenage Spiritual Crisis in Banda Aceh by Revitalizing and Optimizing the Functions of Masjid as an Islamic Educa. 1(1), 74–84.
Mulyono, M. (2011). Rekonstruksi Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Pendidikan Islam. MUADDIB:Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 13–32. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7n1.2017.13-32
Rizal, N. (2012). Kedudukan Seni Dalam Islam. Jurnal Kajian Seni Budaya Islam,Tsaqafa, 1(1), 1–8.
Yustina., & Putra, R.A. (2022). Buku Referensi Problem Based Learning (PBL) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui Blended Learning. Klaten: Penerbit Lakeisha.
DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v2i3.6524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Lambung Mangkurat
Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kotak Pos 219 Banjarmasin 70123 Telp/Fax: (0511) 3305240
✉Email :[email protected]
Contact Person: Whatsapp -> Nurul (082193508414)
🔎Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Pengiriman naskah/registrasi : https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Unduhan Panduan Penulisan: https://bit.ly/Template_Jurnal_Ilung