PDigital Marketing bagi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah pada Komunitas Wirausaha Muda Banua di Masa Pandemi
Abstract
Pengusaha muda akan menghadapi tantangan unik dalam berbagai situasi saat mereka berusaha membangun dan mengembangkan bisnis mereka - dalam hal ini, era pandemi. Pandemi Covid-19 telah mempercepat akses teknologi ke segala aspek kehidupan dan tidak dapat dihindari - salah satunya adalah digitalisasi dalam pemasaran produk. Aksi pengabdian civitas akademika ini mendorong khalayak sasaran untuk memberdayakan pemasaran media digital untuk memperluas pangsa pasarnya. Pendekatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra - dengan sharing session materi Digital Marketing untuk memperkuat aspek kognitif terlebih dahulu. Mitra tersebut adalah Komunitas Wirausaha Muda Banua. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan wirausaha muda yang proaktif memanfaatkan media digital dalam usahanya. Usaha-usaha tersebut juga mudah diakses oleh khalayak global. Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi wirausahawan muda untuk belajar dan mengembangkan bisnis mereka. Pengusaha muda akan mendapatkan manfaat dari proyek pengabdian ini karena mereka akan dapat mengembangkan basis pelanggan dan bisnis mereka dengan media digital dan media sosial.
Kata kunci: digital marketing; young entrepreneurs; usaha kecil.
Full Text:
PDFReferences
Amoah, J., & Jibril, A. B. (2020). Inhibitors of social media as an innovative tool for advertising and marketing communication: evidence from SMES in a developing country. Innovative Marketing, 16(4), 164–179. https://doi.org/10.21511/im.16(4).2020.15
Amoah, J., & Jibril, A. B. (2021). Social Media as a Promotional Tool Towards SME’s Development: Evidence from the Financial Industry in a Developing Economy. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1923357
Anwar, U., Nawaz, A. R., Ullah, A., & Ahmad, S. (2021). Benefits and Risks of Online Shopping with Consumer’s Perspective: A Case Study of Pakistan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 11(1). https://doi.org/10.6007/IJARAFMS/v11-i1/9691
Azraputra, R. S., Maryani, M., & Halim, E. (2021). Use of Social Media for Strategies to Improve the Indonesian Economy for the Sustainability of MSMES. Social Economics and Ecology International Journal (SEEIJ), 4(2), 81–96. https://doi.org/10.21512/seeij.v4i2.7362
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Solusinya. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XIII(10), 1–6.
Balarabe, U. B. (2020). Survey on the usage of whatsapp and instagram social media as advertising tools. ACADEMICIA: An International Multidisciplinary Research Journal, 10(4), 226. https://doi.org/10.5958/2249-7137.2020.00098.1
Barikha, A. L. (2022, March 10). Pengurangan Jam Kerja Selama Pandemi - jatengdaily.com. Jatengdaily.Com. https://jatengdaily.com/2022/pengurangan-jam-kerja-selama-pandemi/
Bayu, D. (2022, June 13). Survei: Mayoritas UMKM Pakai Internet Untuk Berjualan. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/survei-mayoritas-umkm-pakai-internet-untuk-berjualan
Cao, Y., Ajjan, H., & Hong, P. (2018). Post-purchase shipping and customer service experiences in online shopping and their impact on customer satisfaction. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(2), 400–416. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2017-0071
Charlesworth, A. (2018). Marketing goes digital. In Digital Marketing (3rd ed., pp. 26–60). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315175737-3
Chirume, E. (2021). The Effects of Covid-19 on the Financial Sector and the Role of Social Media as an Advertising Tool in these Trying Times in Zimbabwe. Journal of Economics and Behavioral Studies, 13(2(J)), 8–15. https://doi.org/10.22610/jebs.v13i2(J).3178
Elena, M. (2020, September 22). Di Masa Covid-19, Pengusaha Ternyata Lebih Pilih Merumahkan Karyawan dari PHK. Bisnis. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200922/9/1294835/di-masa-covid-19-pengusaha-ternyata-lebih-pilih-merumahkan-karyawan-dari-phk
Garaika. (2020). Determinants of the social entrepreneurial intention of young entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(3).
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. BASKARA: Journal of Business & Entrepreneurship, 2, 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92
Hanum, Z. (2021, March 7). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Humaniora. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
Haris, R., Haryoko, S., Malago, J. D., & Pertiwi, N. (2018). The competence of young entrepreneur candidate in university, Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 21(3).
Humaira, F. R. (2022, July 14). Pemanfaatan Internet oleh Pelaku Usaha Digital. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/pemanfaatan-internet-oleh-pelaku-usaha-digital
Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2021, April 28). Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi. Info Sektoral . https://www.ekon.go.id/info-sektoral/15/357/berita-dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2022, October 1). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Kementrian Investasi/BKPM. (2022). Upaya Pemerintah Memajukan UMKM Indonesia. Publikasi BKPM. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia
Komal. (2021). A Literature Review on Consumer’s Complaining Behavior and Dissatisfaction: Implication of Marketing Strategies with Special Reference to the Online Retail Sector. Open Journal of Business and Management, 09(02), 496–511. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.92027
Mashuri, M. N., & Santosa, P. B. (2020). The Analysis of Young Entrepreneurs’ Performance in the Milkfish Presto MSMEs in Semarang, Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(7). https://doi.org/10.38124/ijisrt20jul259
Patiro, S. P. S., & Budiyanti, H. (2016). The Theory of Planned Behavior, Past Behavior, Situational Factors, and Self-Identity Factors Drive Indonesian Enterpreneurs to Be Indebtedness. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(1), 46. https://doi.org/10.19166/derema.v11i1.188
Pham, V. K., do Thi, T. H., & Ha Le, T. H. (2020). A study on the COVID-19 awareness affecting the consumer perceived benefits of online shopping in Vietnam. Cogent Business & Management, 7(1), 1846882. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1846882
Rahmatiah, R., Wiroto, D. W., & Taan, H. (2017). A Conceptual Framework in the Formation of Young Entrepreneurs in Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 21(2), 102. https://doi.org/10.22146/jsp.30435
Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690
Seduram, L., Lum, P. W. M., & Yi, L. X. (2022). Crafting an Online Shopping Repurchase Decision Making Process: Does the Perceived Competitive Price Matters? In Lecture Notes in Networks and Systems (Vol. 299, pp. 682–690). https://doi.org/10.1007/978-3-030-82616-1_56
Venkatesh, V., Hoehle, H., Aloysius, J. A., & Nikkhah, H. R. (2021). Being at the cutting edge of online shopping: Role of recommendations and discounts on privacy perceptions. Computers in Human Behavior, 121, 106785. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106785
Yuliani, P. A. (2020, November 5). Pandemi Covid-19, Sebagian Pekerja Alami Pengurangan Jam Kerja. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/ekonomi/358649/pandemi-covid-19-sebagian-pekerja-alami-pengurangan-jam-kerja
DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v2i3.6830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Lambung Mangkurat
Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kotak Pos 219 Banjarmasin 70123 Telp/Fax: (0511) 3305240
✉Email :[email protected]
Contact Person: Whatsapp -> Nurul (082193508414)
🔎Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Pengiriman naskah/registrasi : https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index
🔎Unduhan Panduan Penulisan: https://bit.ly/Template_Jurnal_Ilung