PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOCABULARY PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 8 SMP NEGERI 30 BANJARMASIN

Siti Rahmah, Agus Hadi Utama, Mastur Mastur

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa inggris, dan mengetahui peranan media audio untuk meningkatkan kemampuan vocabulary peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ekperimental populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-B dan kelas VIII-C. Berdasarkan hasil penilaian ahli instrumen dapat diperoleh dari validator sebesar 96,42% dengan katergori “sangat layak”, hasil penilaian ahli materi dapat diperoleh dari validator sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, hasil angket penilaian penggunaan media oleh peserta didik dapat diperoleh dari peserta didiksebesar 90,25% dengan katergori “sangat layak”, peningkatan hasil belajar peserta didik mendapat nilai gain sebesar 0,63 dengan kategori “sedang”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa pemanfaatan media audiovisual layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik.


Keywords


Pemanfaatan; Kemampuan Vocabulary; Media Audiovisual

Full Text:

PDF

References


Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada.

Cameron. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khafinatul. (2013). Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Kreitner, R. (2014). Perilaku Organisasi Edisi 9 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Linse, C. T. (2006). Practical English Language teaching. Boston: McGraw Hill.

Mansur, H., Utama, A. H., Mastur, M., & Rafiudin, R. (2017). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran pada Mata Kuliah Media 3D dan Animasi untuk Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Mansur, H., Utama, A. H., Rafiudin, R., Mastur, M., Satrio, A., & Rini, S. Workshop Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) 2018 Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM.

Nurita. (2018). Kata Kunci : Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 171.

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika, 1-8.

Salim, A., Utama, A. H., & Rafiudin, R. (2019). Pelatihan Da’i dan Manajemen Masjid Untuk Meningkatkan Kinerja Se-Kota Banjarmasin.

Sari. (2015). Hubungan Penggunaan Media Gambar Dan Aktivitas Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa. Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Seels.B.B & Richey, R. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Universitas Negeri Jakarta.

Subkhi. (2015). Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sudjana, N. &. (2011). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Sinar Baru Algensindo Offset.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.11187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License