PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BUILDER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI ASAL USUL KELAS IV DI SDN SUNGAI MIAI 11

Rahma Nita Almira Fitri, Jumadi Jumadi, Adrie Satrio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flip builder untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi asal usul kelas IV di SDN Sungai Miai 11, Mengetahui bagaimana peningkatan minat belajar peserta didik kelas IV SDN Sungai Miai 11 setelah menerapkan media pembelajaran berbasis flip builder pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi asal usul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan model 4-D. Berdasarkan hasil penelitian hasil uji validasi ahli media sebesar 99% dengan kategori “sangat layak”. Uji validitas ahli materi sebesar 90% dengan kategori kriteria “sangat layak”. Uji validitas ahli bahasa sebesar 84% dengan kategori kriteria “sangat layak”. Peningkatan minat belajar peserta didik sebesar 0,6 dengan kategori “Sedang”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flip builder layak digunakan sebagai media pembelajaran yang digunakan peserta didik.

Kata Kunci: Pengembangan, Flip Builder, Minat Belajar


Keywords


Pengembangan; Flip Builder; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Angraini, W. (2022). Pengaruh Pengembangan Media Flip Builder Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 15 Bengkulu Tengah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 153–160. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/488

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD / MI. PRIMARY Vol. 09 No. 01 (Januari-Juni) 2017, Vol. 09, 23–34.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang.

Mahmud, M. E. (2020). Teknologi Pendidikan Konsep Dasar dan Aplikasi. In S. dan A. K. Andi Hafitz Khanz (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling. Mulawarman University PRESS.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Simbolon, N. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Suparlan. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI.

Islamika, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. 17(Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol.), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Warsita, B. (2013). Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 72. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p72--94

Wati, E. M. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Builder Materi Perkalian Pada Siswa Kelas II Sd. SCHOLASTICA Journal : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 2(2), 24–30. https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7567

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1. p67-76




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.11192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License