PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR MELALUI PORTAL KAWAN BELAJAR PADA BTIKP PROIVINSI KALIMANTAN SELATAN

Norliana Norliana, Mastur Mastur, Agus Hadi Utama

Abstract


Sumber belajar secara sederhana, sumber belajar merupakan guru dan seperangkat bahan-bahan pembelajaran mulai dari buku pembelajaran, info pembelajaran, dan lain sebagainya. Sumber belajar sering dikatitkan media pembelajaran, namun kedua istilah ini berbeda makna. Meskipun berbeda, sumber belajar dpaat digunakan sebagai media pembelajaran, begitu juga sebaliknya media pembelajaran juga dapat dialih fungsikan sebagai sumber belajar dalam pemanfaatanya. Pembelajaran sebaai suatu proses adalah sistem yang melibatkan berbagai komponen mulai dari peserta didik, guru, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, hingga penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Deskriptif dengan memilih BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan sebagai sampel dan informan yang dianggap memiliki pengetahuan dan informasi mengenai permasalahan yang teliti yakni tentang “Pengelolaan Sumber Belajar Melalui Portal Kawan Belajar Pada BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan”, data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa: Observasi, dokumentasi, serta wawancara secara mendalam terhadap informan. Data tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang cukup baik dalam Pengelolaan Sumber Belajar Melalui Portal Kawan Belajar Pada Portal Kawan Belajar dengan mewawancarai informan yang dilihat dari aspek pengaruh pendidik, dan guru yang memiliki pengaruh positif dan juga negative dalam pengelolaan sumber belajar.

Keywords


Sumber Belajar; Portal Kawan Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhson. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 8 No.2.

Ali, Mudlofir, dkk. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aprilian, Hani. 2019. Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Ajang Eksistensi Diri (Studi Fenomenologi Pada Remaja Pengguna Aplikasi Tiktok Di Jakarta). Fakultas ilmu komunikasi. Mercu Buana. Yogyakarta.

Arianti, A. 2019. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (2), 117-134.

Arief S, Sadiman dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Azimi, K., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Evaluasi Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. J-INSTECH, 3(2), 14-20.

Baihaqi, I., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX. J-INSTECH, 3(1), 56-61.

Danim, Sudarbuan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280- 286.

Harahap, N.F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi Belajar Peserta didik. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198- 203.

Harjali. 2000. Teknologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Humaira, R., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Mata Pelajaran Teknik Pengelolaan Audio Video Kelas XII. J-INSTECH, 3(2), 50-56.

Husniyatus Salamah Zainiyati. 2017.

Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT konsep dan aplikasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kencana:Jakarta.

Miles, Matthew B dan Amichael Huberman.

Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Pratama,

Putri N. L. W. E. 2019. Interaksi Simbolik dalam Proses Komunikasi Nonverbal pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya. Vol. 14, No. 1

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar.

Yogyakarta: Deepublish.

Salim, H. N., Dalu, Z. C. A., & Utama, A. H. (2022). Pemanfaatan Media Kahoot untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 2. J-INSTECH, 3(2), 21-27.

Suhaemi, A. N., Laurenza, D., Pandu, F. B., & Abhista, D.P. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar . Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (1),

-199.

S. Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Utama, A. H. (2022). Desain Pembelajaran Pedati Untuk Mengembangkan Metode Pembelajaran Daring Asinkron Selama Masa Pandemi Covid-19. J-INSTECH, 3(1), 26-35.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License