PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN-SN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN

Putri Ni'mah Azizah, Dian Agus Ruchliyadi, Agus Hadi Utama

Abstract


Proses pembelajaran memerlukan media pembelajaran untuk menunjang proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android, serta (2) untuk meningkatkan hasil minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research & development). Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan metode analisis pengembangan Borg & Gall yaitu, perencanaan, pengembangan, validasi, revisi, produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian ahli media diperoleh dari validator sebesar 85% dengan kategori “sangat layak”. Hasil dari ahli materi diperoleh validator sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”. Peningkatan minat belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 2,37 dengan kategori “sangat layak”. Dan hasil penelitian dan data menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata Pelajaran IPA layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa.


Keywords


Pengembangan; Borg & Gall; Media Pembelajaran; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, Mohamad (2015). Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika berbasis Android Menggunakan Construct2. Jurnal Transient. Vol. 4 No. 1. 129

Afrizal, Ali Subhan. (2015). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar Kelas I (Satu). Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), Vol. 3 No. 2. 12.

Agustriana, Nesna. (2013). Pengaruh Metode Edutaintment dan Konsep Diri terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7 No. 2. 270.

Ali, Muhammad. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 5 No. 1. 12.

Arifin, Alief Ahdian Fajar. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Karakter Menggunakan Macromedia Flash Pada pokok bahasan Aritmatika kelas VII. Skripsi program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Asyhari, Ardian. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Al- Biruni, Vol. 5 No.1. 3.

Bakri, Hasrul (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Jurnal MEDTEK, Vol. 3 No. 2. 34.

Darmawan, Deni (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, Wulandari Adi Kusuma. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu. Vol. 1 No. 1. 103.

Fahmi, Syariful. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash Dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya Terhadap Sikap Siswa Pada Matematika. Jurnal AgriSains, Vol. 5 No. 2. 167.

Fero,David.(2011). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 mata pelajaran TIK pokok bahasan Fungsi dan Proses kerja peralatan TIK di SMA N 2 Banguntapan. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Hakim, Bayu Rahman (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Flash pada standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana di SMK Walisongo 2 Gempol. Jurnal Teknik Elektro. Vol.3 No.1.16-17.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Istiqlal, Muhammad (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika SMA untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar Matematika Logika Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.8 No.1. 45.

Iskandar, Harum. 2010. Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. Bandung: St Book.

Kearney, M. (2012). Viewing Mobile Learning from a Pedagogical Perspective. International Journal in Learning Technology, Vol. 3 No. 4. 46.

Khuzaini, Nanang (2014). Pengembangan Media Pembelajaran untuk menghasilkan multimedia pembelajaran trigonometri dengan menggunakan Adobe Flash kelas X semester 2 SMA Bantul. Jurnal Agrisains. Vol.5 No. 2.

Komalasari, Fiska. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan Tahun Pelajaran 2015/2016 (Kelas XI SMA Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah). Jurnal Al-jabar, Vol. 7 No. 2. 17.

Kusumadewi, Wulandari Adi Putri. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu, Vol. 1 No. 1. 104.

Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaan. Jurnal Al-Afkar, Vol.. 5 No. 1. 9.

Mansur, Hamsi. Dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menyimak Teks Wawasan Kebangsaan. Banjarmasin: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 8 No. 2. 2.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep Karakteristik, Dan Implementasi. Bandung : Rodya Karya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pranowo, G. 2011. Kreasi animasi interaktif dengan action script 3.0 pada flash CS5. Yogyakarta : Andi Offset.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Putra, Nusa (2015). Research and Develophment Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahadi, Muhammad Rizky (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vo. 4 No. 1. 44.

Sadiman, Arief S. dkk. 1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV Rajawali.

Sadirman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Saputro, A. (2018). Panduan Praktis Membuat Mini Games Android Menggunakan Adobe Animate CC. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sriyanti, Lilik. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta : STAIN-Salatiga Press.

Sudjana, Djudju. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT Intima.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung Persada Pers




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License