PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PROSES MENGAJAR SISWA SMP NEGERI KAPUAS HILIR

Fernando Valentio, Agus Salim, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran persepsi guru terhadap penggunaan media Assemblr  EDU  berbasis  Augmented  Reality  untuk  pembelajaran  siswa.  Metode  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif tentang persepsi guru terhadap penggunaan aplikasi Assemblr EDU  berbasis  Augmented  Reality  di  SMP  Negeri  Kapuas  Hilir.  Teknik  pengumpulan  data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  Kuisioner  dan    Wawancara    Hasil  penelitian  menunjukan bahwa  90% guru memiliki persepsi  baik dan 10% guru memiliki persespi yang buruk  terhadap penggunaan  media  Assemblr  Edu  berbasis  AR  untuk  mengajar  siswa.    Ini  menunjukan  bahwa aplikasi Assemblr Edu berbasis AR dapat memberikan pengalaman mengajar yang menyenangkan, interaktif dan mudah digunakan oleh guru.

Keywords


Persepsi; Augmented Reality; Proses Mengajar

Full Text:

PDF

References


Chang , Yuh-Shihng, dkk. Applying Mobile Augmented Reality (AR) to Teach Interior Design Students in Layout Plans: Evaluation of Learning Effectiveness Based on the ARCS Model of Learning Motivation Theory . Sensors Journal.

Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 346-352.

Abidah. (2020). Peran aplikasi wa sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah metodologi penelitian. Bidayah, 11 (1).

Bimo, W. (2010). Psikologi Umum. ANDI. Bacca, J., Baldiris, S., Fabregat, R., Graf, S., dan Kinshuk. (2014). Augmented Reality Trends in Education: A Systematic Review of Research and Applications. Educational Technology & Society, 17 (4): 133-149.

Bhardawaj, A., dan Goel, S. (2014). A Critical Analysis of Augmented Reality bu Applicability of IT Tools. International Journal of Information and Computation Technology. 4: 425-430.

de Albuquerque Wheler, A. P., Kelner, J., Hung, P. C. K., Jeronimo, B. de S., Rocha, R. da S., & Araújo, A. F. R. (2021). Toy user interface design— Tools for Child–Computer Interaction. International Journal of Child- Computer Interaction, 30, 100307. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100307.

Febriningrum, Dwi Pugi dan Purwaningsih, Sri Mastuti. 2022. “Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMAN 8 Surabaya”. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 13, No. 1.

Ilafi, Mela Mahardika. 2022. “Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTS.” Jember . Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Munir. (2009). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung: Alfabeta.

Perdana, M. Y., Fitrisia, Y., dan Putra, Y. E. (2012). Aplikasi Augmented realityPembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. Jurnal Teknik Informatika. 1: 1-10.

Shatte, A., Holdsworth, J., dan Lee, I. (2014). Hand-held Mobile Augmented Reality for Collaborative Problem Solving: A Case Study with Sorting. International Conference on System Science. 20: 91-101. IEE doi:1o.1101/HICSS.2014.20.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License