PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI PAUD TERPADU BINA SEJAHTERA

Periyadi Periyadi, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Anak berkebutuhan khusus dianggap sebagai sosok yang tidak berdaya dan perlu dikasihani. Hal inilah yang menjadikan anak berkebutuhan khusus sering dikucilkan atau termaginalkan dari lingkungan sekitar dan sering menerima perlakuan yang diskriminatif dari orang lain terutama saat ingin mendapatkan akses pendidikan. Pendidikan inklusi diselenggarakan bertujuan untuk menggabungkan (mengakomodasikan) anak reguler dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam satu lingkungan pembelajaran sehingga menghilangkan kesenjangan akses pendidikan selama ini. Teknologi pendidikan sebagai bidang garapan ilmu teori dan praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, membuat kita untuk memiliki wawasan dan cara pandang tentang perkembangan dan pengelolaan dalam proses pembelajaran yang lebih inklusi dengan mengakomodasi semua orang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengelolaan Proses Pembelajaran Pendidikan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di PAUD Terpadu Bina Sejahtera pada proses pembelajaran, mengakomodasi berbagai kebutuhan peserta didik yang bermacam-macam mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasinya sudah sesuai dengan pedoman umum penyelenggaraan pendidikan inklusi. Sekolah dapat lebih aktif lagi berkolaborasi dengan orang tua dan masyarakat sekitar agar peserta didik bisa saling menghargai dan peka terhadap sekelilingnya.

Keywords


Pendidikan Inlusi; Anak Berkebutuhan Khusus; Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Apriyanti. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111-117.

Aqila Smart. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat Metode Pembelajaran dan Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Katahat.

Asyharinur Ayuning Putriana Pitaloka, S. A. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains, 29.

Azimi, K., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Evaluasi Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. J-INSTECH, 3(2), 14-20.

Barbara B. Seels, d. (1994). Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Chapman, D. &. (2017). Widely recognized problems, controversial solutions: Issues and strategies for higher education development in East and Southeast Asia. 30.

Depdiknas. (2009). Peratutan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58. Jakarta: Direktorat PAUD.

Hamsi Mansur, A. H. (2023). Development of Inclusive Education Learning Design in the Era of Society 5.0. Social Sciences, 35.

Hamsi Mansur, M. H. (2021). The Development of Model Design Inclusive Education Learning. Psychology and Education: An Interdisciplinary Journal, 4087-4095.

Irvan, M. (2020). Urgensi Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini. Jurnal Ortopedagogia 6, no. 2, 108-112, https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p.

Isnooredy. (2023, Juni 5). Data Sekolah Inklusi di Banjarmasin oleh Dinas Pendidikan. (Periyadi, Interviewer).

Kuyini, A. B. (2007). Principals’ and teachers’ attitudes and knowledge of inclusive education as predictors of effective teaching practices in Ghana. Journal of Research in Special Educational Needs, 104-113.

Mansur, H. (2017). Expectations and Challenges the Implementation of Education Inclusive Programs. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 174, 600.

Mansur, H. (2019). Pendidikan Inklusif. Yogjakarta: Parama Publishing.

Mansur, H. (2022). Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Journal of Instructional Technology, 35-40.

Maryatun, I. (2017). Pengembangan Tema Pembelajaran Untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 41-47.

Masitah. (2019). Meningkatkan Pelayanan Terhadap ABK melalui Program Pendampingan GPK & Pembentukan Komunitas Inklusi di PAUD Terpadu Bina Sejahtera. Banjarmasin: Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Masitah. (2023, Mei 24). Data Awal dari Kepala Sekolah PAUD Bina Sejahtera. (Periyadi, Interviewer).

Miarso. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia dini. Jakarta: Indeks.

Mulyasa. (2016). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurfadhillah, S. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 461.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal IAIN Padang, 1.

Pather, S. (2019). Confronting inclusive education in Africa since Salamanca. International Journal of Inclusive Education, 671-676.

Salamanca. (1994). The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Need Education. Spain: UNESCO.

Seels, B. B. (2000). Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya (Intructional Technology: The Definition and Domains of the Filed) Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, dkk. Jakarta: UNJ. Jakarta: UNJ.

Siregar, E. &. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.

Sudarto, Z. (2016). Implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif. Jurnal . Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 1(1), 97-106.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian dan Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Syahria, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi 4, no. 2, 246-247.

Tarmansyah. (2007). Inklusif Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.

Tutik Nurmaningsih, S. (2023, Mei 25). Pengelolaan proses pembelajaran di kelas. (Periyadi, Interviewer).

Utama, A. H. (2022). Desain Pembelajaran Pedati Untuk Mengembangkan Metode Pembelajaran Daring Asinkron Selama Masa Pandemi Covid-19. J-INSTECH, 3(1), 26-35.

Westwood. (2003). Inclusion of Students with Special Needs:Benefits and Obstacles Perceived by Teaches in NSW and SA. Austalian Journal of Learning Difficulties 8, no. 1, 13–14.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License