PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA ERA COVID-19 DI SMP NEGERI 26 BANJARMASIN DAN MTSN 4 KOTA BANJARMASIN

M. Rizky Taufani Hidayatullah, Agus Salim, Mastur Mastur

Abstract


Pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah saat pandemi Covid-19 melalui penggunaan media online dengan bantuan aplikasi google classroom, whattsApps, dan google form yang biasa dipakai untuk komunikasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Pada penelitian ini , pelaksanaan dan kendala yang terjadi ketika pembelajaran jarak jauh pada era Covid- 19 di SMP Negeri 26 Banjarmasin dan MTSN 4 Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan adalah strategi eksplorasi subyektif dengan metodologi ekspresif. Observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi  adalah  metode  yang  digunakan  untuk pengumpulan data. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik dan siswa di SMP Negeri 26  Banjarmasin  dan  MTSN  4  Kota  Banjarmasin.  Hasil  review  menunjukkan  bahwa pelaksanaan  pembelajaran  jarak  jauh  pada  masa  virus  corona  di  SMP  Negeri  26 Banjarmasin dan MTSN 4 Kota Banjarmasin sudah berjalan dengan baik. Hal ini sejalan dengan tercapainya tujuan penelitian yang ditunjukkan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar yang sudah memiliki enam tahapan. yaitu: a. Menetapkan materi ajar;  b.  Menetapkan  rancangan  model  pembelajaran  jarak  jauh  yang  digunakan;  c. Menetapkan  format  pembelajaran  yang  dilakukan  secara  online;  d.  Melakukan  uji  coba terhadap  rancangan  yang  dibuat;  e.  Menyelenggarakan  model  pembelajaran  jarak  jauh dengan  baik  dan  professional;  f.  Menyiapkan  kriteria  untuk  melakukan  evaluasi pelaksanaan  pembelajaran  jarak  jauh.  Adapun  kendala  yang  terjadi  ketika  pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada era Covid-19 di SMP Negeri 26 Banjarmasin dan MTSN 4 Kota Banjarmasin jika ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar terletak pada siswa yaitu ada beberapa siswa yang belum mempunyai handphone sebagai fasilitas  belajar,  sehingga  ada  beberapa  orang  tua  yang  merasa  berat  karena  harus membelikan handphone dan menyiapkan anggaran dana untuk membeli kouta.

Keywords


Kendala; Pelaksanaan; Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


Agus, Salim. (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Intructional Technology.

Amka. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah I. Jurnal: Universitas Lambung Mangkurat.

Anggy. dkk, (2020). Pengertian

Pembelajaran Jarak Jauh.

Dewi. (2008). Sistem Pembelajaran Pada Pembelajaran Jarak Jauh.

Gusty, Sri, dkk. (2020) Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di TengahPendemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hisnindarsyah. (2020) Perang Melawan Corona (COVID-19). Banda Aceh : Syah Kuala University Press.

H, Mansur. (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal: Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan.

H, Mansur. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal: Komunikasi Pendidikan.

Mastur. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII dI SMP. Journal of Intructional Technology.

Putra, Andika Chandra. (2020). Seri 1 : Tanya Jawab Covid-19. Jakarta:Guepedia.

Sanjaya, Wina. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Soekartawati. (2006). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Era Covid-19.

Semler. (2005). Kriteria Penilaian Pembelajaran Jarak Jauh Pada Era Covid-19.

Sugiyono. (2007). Pengertian Teknik Analisis Data.

Sugiyono. (2012). Pengertian Komparasi.

Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Warsita, Bambang. (2008),Teknologi PembelajaranLandasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yustika, Ahmad Erani, dkk. (2020).

Pendemi Corona:Virus Deglobalisasi. Bogor: IPB Press.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License