PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT POSTER PROMOSI MATA PELAJARAN DASAR DESIGN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MAESTRO ISLAMIC SCHOOL BANJARMASIN

Bangun Ramadhan, Agus Hadi Utama, Mastur Mastur

Abstract


Guru dituntut untuk selalu mengembangkan media yang bisa meningkatkan minat para siswa, dalam hal ini guru kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis video kepada siswa, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai salah satu usaha untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengembangkan video pembelajaran yang bisa menyampaikan semua informasi lebih menarik, informatif, dan terstruktur.  Melalui pengembangan media video tutorial diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran video tutorial mata pelajaran dasar design grafis cara membuat poster promosi di SMK Maestro Islamic School Banjarmasim, (2) Mengetahui kemampuan yang diperoleh siswa, setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial cara membuat poster promosi pada mata pelajaran dasar designn grafis di SMK Maestro Islamic School Banjarmasin. Penelitian pengembangan media video tutorial ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan 4D yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination yang telah dimodifikasi menyesuaikan dengan keperluan.Berdasarkan hasil penilaian ahli media dapat diperoleh dari validator  sebesar 96,06% dengan katergori “sangat layak”, hasil penilaian ahli materi dapat diperoleh dari validator  sebesar 86,53% dengan kategori “sangat layak”, hasil kuesioner respon siswa dapat diperoleh  sebesar 88,88% dengan katergori “sangat layak”, peningkatan hasil belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 0,63 dengan kategori “sedang”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa video tutorial pembuatan poster promosi layak digunakan sebagai video pembelajaran bagi siswa.

Keywords


Pengembangan; Video Tutorial; Kemampuan

Full Text:

PDF

References


Abadi. Switri, E. (2022). Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Qiara Media.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Association for Educational Communications and Technology. (1977). The Definition of Educational Technology. Washington D.C: AECT.

Borg, R Walter & Gall, Meredith D. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman. Group.

Humaira, R., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Mata Pelajaran Teknik Pengelolaan Audio Video Kelas XII. J-INSTECH, 3(2), 50-56.

Isran, K.-K. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Vol. VII, No. 1, 94.

Nurkamilah, P. M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Kawasan Pengembangan Dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal of Education and instruction, 341.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV. Jejak (Jejak Publisher).

Pakhapan, A. F., Ardiana, D. P., Mawati, A. T., Simmarmata, E. B., Mansyur, M. Z., Purba,L. I., . . . Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Prastowo, Andi. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suryabrata, S. (2008). Metodologi penelitian/sumadi suryabrata. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. CV. Budi Utama.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV. Pustaka.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. 1.

Utama, A. H. (2022). Desain Pembelajaran Pedati Untuk Mengembangkan Metode Pembelajaran Daring Asinkron Selama Masa Pandemi Covid-19. J-INSTECH, 3(1), 26-35.

Widyastuti, A., Mawati, A. T., Yuniwati, I., Simarmata, J., Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P., .. . Inayah, A. N. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Widoyoko, Eko Putro. (2016). Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yasa, K. A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 14, No 2, 199–209.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License