PENGEMBANGAN FLASHCARDS SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 29 BANJARMASIN

Mualimah Mualimah, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan dari dalam diri peserta didik untuk mencapai tujuan belajar, dorongan tersebut berupa kesadaran dari dalam diri maupun dari orang tua, guru dan teman-teman. Dengan adanya motivasi belajar, maka peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik yang berdampak pada hasil belajar dan prestasi selama mengenyam pendidikan. Dalam upaya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA, Flashcards Sains dapat digunakan sebagai alternatif solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yakni untuk  membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 29 Banjarmasin, melalui pengembangan Flashcards Sains pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, wawancara, kuesioner validasi ahli, angket respon peserta didik dan kuesioner motivasi peserta didik. Hasil dari validasi ahli menyatakan bahwa pengembangan Flashcards Sains “Layak” sebesar 80% yang dinilai dari segi Kurikulum, Desain Pembelajaran, Isi Materi, Penggunaan, Desain, Teks, Gambar, dan Kemasan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di dapatkan hasil N-Gain sebesar 0,3>0,42 >0,7 dengan kategori sedang. Maka pengembangan media Flashcards Sains pada materi Sistem Pencernaan Manusia mampu mengatasi permasalahan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui keterlibatan aktif di dalam kelas dengan belajar sambil bermain.

Keywords


Flashcard Sains; Motivasi; IPA

Full Text:

PDF

References


Agustiawan, H., & Puspitasari, E. D. (2019). Pembentukan Karakter Siswa SMP Melalui Literasi Sains. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 273-281.

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 80-86.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 103-111.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 321-334.

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 199-207.

Herianto, & Lestari, D. P. (2021). Implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPA melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Elektronik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 49-57.

Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Pijar MIPA, 44-48.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Kepala Badan Standar, K. d. (2022, 10 16). Kurikulum Merdeka. Retrieved from Sistem Informasi Kurikulum Nasional: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/.

Mahnun, & Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 27-35.

Agustiawan, H., & Puspitasari, E. D. (2019). Pembentukan Karakter Siswa SMP Melalui Literasi Sains. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 273-281.

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 80-86.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 103-111.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 321-334.

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 199-207.

Herianto, & Lestari, D. P. (2021). Implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPA melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Elektronik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 49-57.

Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Pijar MIPA, 44-48.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas VI SD. JURNAL BASICEDU , 149-157.

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 90-98.

Pristiwanti, D., Badriah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.

Putri, S. S., & Kristiana, N. (2022). Perancangan Flashcards Karikatur Fisikawan Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP. Jurnal Barik, 30-44.

Riadin, A., & Estimurti, E. S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Pada Era Merdeka Belajar. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 108-114.

Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminal Nasional Paedagoria, 10-16.

Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Karu Pintar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 393-401.

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal FASILKOM, 57-50.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sriwahyuni, E. (2022). Penggunaan Flashcard Sistem Periodik Unsur Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Peserta Didik Kelas X SMA. ORBITAL: JURNAL PENDIDIKAN KIMIA, 136-146.

Suari, N., Juniartini, P., & Devi, N. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 88-98.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 121-138.

Yenni, & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 251-262.

Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scorpio Media Pustaka.

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 69-80.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License