PENGEMBANGAN FLASHCARDS SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 29 BANJARMASIN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiawan, H., & Puspitasari, E. D. (2019). Pembentukan Karakter Siswa SMP Melalui Literasi Sains. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 273-281.
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 80-86.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 103-111.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 321-334.
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 199-207.
Herianto, & Lestari, D. P. (2021). Implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPA melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Elektronik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 49-57.
Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Pijar MIPA, 44-48.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.
Kepala Badan Standar, K. d. (2022, 10 16). Kurikulum Merdeka. Retrieved from Sistem Informasi Kurikulum Nasional: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/.
Mahnun, & Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 27-35.
Agustiawan, H., & Puspitasari, E. D. (2019). Pembentukan Karakter Siswa SMP Melalui Literasi Sains. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 273-281.
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 80-86.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 103-111.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 321-334.
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 199-207.
Herianto, & Lestari, D. P. (2021). Implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPA melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Elektronik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 49-57.
Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Pijar MIPA, 44-48.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas VI SD. JURNAL BASICEDU , 149-157.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 90-98.
Pristiwanti, D., Badriah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.
Putri, S. S., & Kristiana, N. (2022). Perancangan Flashcards Karikatur Fisikawan Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP. Jurnal Barik, 30-44.
Riadin, A., & Estimurti, E. S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Pada Era Merdeka Belajar. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 108-114.
Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminal Nasional Paedagoria, 10-16.
Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Karu Pintar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 393-401.
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal FASILKOM, 57-50.
Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sriwahyuni, E. (2022). Penggunaan Flashcard Sistem Periodik Unsur Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Peserta Didik Kelas X SMA. ORBITAL: JURNAL PENDIDIKAN KIMIA, 136-146.
Suari, N., Juniartini, P., & Devi, N. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 88-98.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 121-138.
Yenni, & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 251-262.
Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scorpio Media Pustaka.
Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 69-80.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License