PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN TIK KELAS X SMAN 1 ALALAK

Taufik Hidayat, Hamsi Mansur, Jumadi Jumadi

Abstract


Keterbatasan  penyampaian  materi  praktek  tidak  cukup  hanya  menjelaskan  dengan panduan  jobsheet  yang  ada,  tetapi  penyampaian  materi  harus  didukung  dengan  media pembelajaran yang memotivasi siswa dalam mata pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, maka  diperlukan  media  pembelajaran  yang  dapat  menunjang  proses  belajar  mengajar. Melalui  pengembangan  media  video  tutorial  diharapkan  dapat  menjadi  solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media video tutorial pada mata pelajaran TIK materi microsoft word  kelas X SMAN 1 Alalak. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan,  dengan  menggunakan  model Education  and  Development  (R&D).  Prosedur  pengembangan  pembelajaran  ini menggunakan  prosedur  pengembangan  dari  Ariesto  Hadi  Sutopo  yang  terbagi  menjadi  5 langkah,  yaitu  konsep,  desain,  pengumpulan  bahan,  penggabungan  dan  pengujian. Penelitian  ini  melibatkan  3  ahli  media  dan  3  ahli  materi.  Hasil  validasi  ahli  media  dan materi diperoleh dengan kriteria sangat layak digunakan.

Keywords


TIK; Pengembangan; Media; Model

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i1.12049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License