EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI MITRA YAYASAN SEKOLAH EKSPOR NASIONAL
Abstract
Pembelajaran daring merujuk pada proses pembelajaran yang menggunakan platform online atau melalui internet. Jika pelaksanaannya sesuai standar, pembelajaran daring akan mampu meningkatkan keefektifan pembelajaran karena dapat memudahkan penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring di Mitra Yayasan Sekolah Ekspor Nasional. Pada mitra tersebut terdapat sebanyak 800 partisipan dari seluruh Indonsesia dan penelitian ini melibatkan 30 peserta sebagai sampel penelitian. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket, untuk pengukuran data menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil keseluruhan dari 4 aspek yaitu ketuntasan belajar, aktivitas belajar, kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan prasarana yang menunjang pembelajaran dengan hasil “Baik”. Hasil penelitian ini diketahui bahwa efektivitas pembelajaran daring sangat dipengaruhi oleh sarana dan prasarana, karena hal tersebut merupakan hal utama dalam mendukung proses pembelajaran. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa keefektifan pembelajaran daring di Mitra Yayasan Sekolah Ekspor Nasional baik.
Keywords
Efektivitas; Pembelajaran Daring; Evaluasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.12056
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License