PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS FLIP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMPN 4 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian yang disajikan di sini didasarkan pada permasalahan kehidupan nyata mengenai bagaimana pembelajaran sains diterapkan di SMPN 4 Banjarmasin. Guru masih menggunakan materi visual seperti buku, lembar kerja, dan modul untuk memfasilitasi pembelajaran. Konsep topik hanya dijelaskan sekilas oleh guru, kemudian siswa mengerjakan LKS untuk praktek. Tujuan penelitian ini adalah membuat sumber ajar e-book untuk membantu instruktur dalam proses pembelajaran di kelas dan menilai tingkat validitas produk. Empat komponen model penelitian 4-D adalah mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan mendistribusikan. E- book dikembangkan oleh para peneliti sebagai alat pendidikan. Kemampuan untuk menempatkan e-book yang dikembangkan pada perangkat elektronik menjadikan potensi bagi siswa untuk belajar kapanpun dan dimanapun mereka memilih. Para ahli telah memvalidasi temuan penelitian terkait pembuatan E-Book Klasifikasi Makhluk Hidup. Hasil validasi ahli materi memenuhi kriteria “sangat valid” dengan rata-rata persentase 85,6%, dan hasil validasi ahli media memenuhi kriteria dengan rata-rata persentase 83,7%. Oleh karena itu, Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMPN 4 Banjarmasin dinyatakan sangat valid.
Keywords
E-Book; Klasifikasi Makhluk Hidup; 4D; IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.12057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License