EVALUASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MODEL CIPP DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN

Muhammad Ghiffari, Hamsi Mansur, Agus Hadi Utama

Abstract


Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kebijakan pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran online telah diimplementasikan di berbagai sekolah, termasuk  di  SMA  Negeri  2  Banjarmasin.  Namun,  penting  untuk  mengevaluasi  kebijakan  tersebut  guna memahami efektivitasnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran online selama masa pandemi COVID-19 di  SMA  Negeri  2  Banjarmasin  dengan  menggunakan  model  CIPP  (Context,  Input,  Process,  Product). Evaluasi  CIPP  adalah  kerangka  evaluasi  yang  holistik,  yang  melibatkan  identifikasi  konteks  kebijakan, analisis  input  kebijakan,  evaluasi  proses  implementasi,  dan  penilaian  terhadap  produk  atau  hasil  dari kebijakan  tersebut.  Pertama,  dalam  tahap  konteks,  akan  dikaji  kondisi  lingkungan  yang  mempengaruhi kebijakan  pembelajaran  daring  di  SMA  Negeri  2  Banjarmasin,  termasuk  tantangan  teknis,  ketersediaan infrastruktur, dan kesiapan siswa dan guru dalam mengadopsi pembelajaran online. Selanjutnya, tahap input akan melibatkan analisis terhadap perencanaan kebijakan, sumber daya yang tersedia, dan strategi pengajaran yang diimplementasikan dalam pembelajaran daring. Tahap selanjutnya adalah proses, di mana evaluasi akan difokuskan  pada  pelaksanaan  kebijakan  pembelajaran  daring  menggunakan  media  pembelajaran  online. Aspek  yang  akan  dievaluasi  mencakup  interaksi  antara  guru  dan  siswa,  penggunaan  media  pembelajaran online, penilaian dan umpan balik, serta dukungan teknis yang diberikan kepada guru dan siswa. Terakhir, tahap  produk  akan  melibatkan  penilaian  terhadap  hasil  pembelajaran  yang  dicapai  melalui  kebijakan pembelajaran daring. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa SMAN 2 Banjarmasin telah melaksanakan kebijakan pembelajaran daring secara baik dan maksimal dilihat dari tingkat keberhasilan yang tinggi.

Keywords


Evaluasi Kebijakan; Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19; Model CIPP

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.12060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License