PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 15 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang valid dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four- D), terdisi atas 4 tahap utama, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Observasi digunakan untuk melihat aktivitas peserta didik, wawancara digunakan untuk mendapatkan permasalahan pada pembelajaran. Angket digunakan untuk mengetahui respon dan minat peserta didik. Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 90,4% katagori sangat valid, dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor 82,4% katagori sangat valid dan dari respon peserta didik mendapat rata-rata skor 60,5% masuk katagori praktis. Hasil pengukuran meningkatkan minat belajar peserta didik uji n-gain memperoleh 0,48% termasuk efektif dengan kategorikan sedang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif valid, praktis dan efektif digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 15 Banjarmasin.
Keywords
Pengembangan; Multimedia Interaktif; Mata Pelajaran IPA; Minat Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.12135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License