PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH

Sri Yayu Astuti, Hamsi Mansur, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Assanabil Banjarmasin. Fokus penelitian ini adalah (1) Pengembangan modul pembelajaran IPS tema “Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan” yang layak digunakan untuk kelas VIII SMP/MTs dan (2) Modul pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP/MTs Assanabil. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penilaian tersebut diperoleh dari (1) Ahli media menyatakan bahwa modul IPS layak digunakan dengan kriteria penilaian sangat valid, (2) Ahli materi menyatakan bahwa modul IPS layak digunakan dengan kriteria penilaian sangat valid (3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kriteria gain tinggi. Hasil penelitian menunjukkan modul pembelajaran IPS layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


R&D; Modul IPS; Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i1.3641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License