PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, kelayakan multimedia pembelajaran interaktif, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA materi pengaruh energi dan sumber energi kelas III SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin. Artikel ini merupakan Penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Hasil artikel menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif ini layak digunakan berdasarkan penilaian validasi ahli materi diperoleh persentase 87,14%, dan validasi ahli media diperoleh persentase 97,33%. Penilaian siswa pada uji coba lapangan awal diperoleh persentase 84,88%, uji coba lapangan diperoleh persentase 86,88%, dan uji pelaksanaan lapangan diperoleh persentase 90,94%. Berdasarkan hasil analisis belajar siswa menggunakan N-Gain adalah 0,54 yang termasuk dalam klasifikasi sedang. Kemudian melalui rumus uji t satu sampel menghasilkan thitung = 5,072 > ttabel = 2,048, sehingga terdapat perbedaan pada hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran. Maka hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i1.3647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License