PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KOGNIGTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V MI
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan produk multimedia pembelajaran IPS siswa kelas V MI untuk memenuhi kebutuhan siswa 2) mengetahui peningkatan hasil belajar. 3) Mengetahui hasil penggunaan multimedia pembelajaran IPS dengan pendekatan Kognitif untuk meningkatkan hasil belajar kelas V MI. Metode penelitian R & D dari model Alessi and Trollip. Subjek uji coba adalah ahli media dan ahli materi pada uji alpha, 1 guru kimia dan siswa pada uji beta, dan 30 siswa pada uji validasi peningkatan hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan perhitungan statistik. Hasil penelitian berupa : 1) produk multimedia pembelajaran IPS untuk siswa kelas V MI mendapat hasil kesimpulan layak untuk di gunakan. 2) Penerapan hasil multimedia Interaktif menunjukan tingkat hasil belajar siswa dalam memperhatikan pelajaran dapat berhasil meningkat. 3) Penerapan multimedia pembelajaran ini berhasil meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam aspek kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa software multimedia pembelajaran IPS menggunakan pendekatan kognitif layak di gunakan siswa MI.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.3655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License