PEMANFAATAN MEDIA MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami materi Pelajaran Matematika. Fokus penelitian ini mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana Media Montessori dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN Amawang Kiri Muka. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif menggunakan logika deduktif dan induktif. Kajian ini menunjukkan bahwa Media Montessori yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Matematika kelas II efektif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Hal ini terbukti dengan aktifitas belajar peserta didik didalam kelas lebih aktif, suasana kelas yang kondusif, daya serap peserta didik akan materi yang disampaikan oleh guru lebih tinggi, peserta didik lebih giat dalam belajar mata pelajaran Matematika, materi pelajaran tertuntaskan, serta guru Matematika lebih kreatif dalam memilih dan mendesain media yang akan digunakan sebagai sarana menyampaikan materi pelajaran Matematika. Temuan tersebut dapat memberikan kontribusi bagi para guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat sehingga tercipta pembelajaran yang efektif guna tercapai tujuan yang diharapkan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.3662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License