PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Zulfian Al Amin, Ahmad Sofyan, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui tahapan pengembangan media infografis pembelajaran sejarah, (b) mengetahui kelayakan media infografis pembelajaran sejarah (c) mengetahui minat belajar yang dimiliki siswa berdasarkan hasil observasi di kelas ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendapat R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi and Evaluation). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) tahapan pengembangan media infografis menggunakan model ADDIE (b) media yang dikembangkan layak digunakan dikelas, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli media sebesar 81,67%  dan hasil validasi ahli materi sebesar 79,69 dengan kategori sangat layak (c) minat belajar siswa kelas X meningkat ketika pembelajaran menggunakan media video pembelajaran, hal ini dilihat dari hasil uji coba sebelum pemakaian media dipresentasekan sebesar 53,33% dan setelah pemakaian media sebesar 81,78%. Hal itu berarti bahwa media infografis tersebut layak dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.


Keywords


Pengembangan; Model ADDIE; Minat belajar; Infografis; Sejarah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.3811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License