PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA KELAS 10
Abstract
Latar belakang penelitian ialah minat belajar siswa yang kurang dan metode pembelajaran yang membosankan membuat penenliti melakukan pengembangan sebuha media pembelajaran. Di-sisi lain guru yang tidak mengikuti perkembangan zaman. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk menghasilkan produk media pembelajaran ini mengadpsi pada model pengembangan Borg and Gall dengan melalui data Observasi kelapangan, Wawancara, Pengambialn Angket atau Kuesioner,dan Dokumentasi. Adapun Hasil Data yang diperoleh melalui uji coba lapangan yang dilakukan sebanyak 3 kali. Dengan hasil persentase 70% dan kategori baik dan layak untuk digunakan. Untuk validator ahli materi yaitu, 87% dengan kategori sangat baik . Untuk hasil uji N-Gainnya sendiri menunjukkan nilai gain sebesar 0.72 yang memiliki kriteria tinggi dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran schoology pada mata pelajaran Fisika materi Optik Geometris berhasil dan layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 10 di SMK Darul Dakwah Wal Irsyad Batulicin.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.3817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License