PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMAN
Abstract
Media pembelajaran telah banyak dikembangkan untuk menunjang proses pembelajaran sekarang ini. Media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar dimana dan kapanpun, yang dapat menyampaikan materi dengan baik, dan dapat mengakses materi dengan baik adalah e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran e-learning dalam mata pelajaran sosiologi pada kelas X. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model Allesi & Trollip. Pertama, perencanaan untuk menentukan tujuan dan arah pada suatu produk. Kedua, desain untuk mendeskripsikan pendahuluan program. Ketiga, pengembangan untuk tahap penuangan konsep desain menjadi sebuah produk. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kousioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantatif dan kualitatif. Penilaian produk dinilai oleh dua dosen ahli media dan dua guru ahli materi. Media pembelajaran e-learning berbasis moodle dinyatakan sangat layak digunakan dalam membantu proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License