EVALUASI VIDEO TUTORIAL PROSES PRODUKSI MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SMKN 1 AMUNTAI

Khairunnisa Khairunnisa, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Video tutorial digunakan dalam rangka menarik perhatian dan kemandirian siswa dalam memahami materi, sesuai dengan video yang dikembangkan terdapat visualisasi berupa gambar, dan materi yang dapat di mengerti oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan isi, media dan desain pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, teknik analisis statistik deskriptif dan jenis evaluasi formatif. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas XII Multimedia SMKN 1 Amuntai, dan objek dari penelitian ini media pembelajaran video tutorial proses produksi multimedia. Sehingga dapat disimpulkan media video tutorial di kategorikan “Layak dan Efektif” menjadi sumber belajar pada mata pelajaran Teknik Audio Video kelas XII Smkn 1 Amuntai.


Keywords


Evaluasi Media; Evaluasi Formatif; Video Tutorial; Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Afif. “Evaluasi Media Video Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar Pada Pengurangan dan Penjumlahan.” Jurnal Teknologi Pendidikan, no.1 (2022):83-88.

Aria Pramundito. (2020). “Media Pembelajaran Sebagai Penunjang Pembelajaran”.

Ina. (2021). “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Siswa di SDN Meruya Selatan 06 Pagi”.

Kustandi. (2018). “Teknik Audio Video Proses Multimedia Dasar”.

Mansur, H., Utama, A. H., & Mastur, M. (2020). Evaluasi Pemilihan Media Pembelajaran Muatan Lokal Lahan Basah yang Tepat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kota Banjarmasin.

Patton. (2018). “Model Evaluasi, Measurement, Assessment, Evaluation” Islamadina XIV.

Santrianawati, Basuki. (2017) “Jenis-Jenis Sumber Belajar”. Jurnal Pendidikan, no.8:23-29.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (hal. 1-282). Bandung: Alfabet.

Widyastuti. (2017). “Evaluasi Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah”.

Wira. (2018). “Media Pembelajaran Berbasis Komputer”. Jurnal Ilmiah, 3(1), 1-16.

Worthen, Sanders. (2017). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Dalam S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2 (hlm. 1-3). Jakarta: Grafik Sinar Offs.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License