EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 15 BANJARMASIN

Renny Dwi Ayuni, Adrie Satrio, Agus Salim

Abstract


Kaitan guru dengan multimedia pembelajaran bisa saling berkolaborasi untuk menghadirkan sebuah media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dari hasil wawancara, salah satu multimedia pembelajaran sudah pernah digunakan pada siswa angkatan 2019 dan hanya digunakan pada angkatan tersebut, akan tetapi tidak dipergunakan kembali di berbagai  angkatan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kualitas isi materi dan penyajian media pada multimedia pembelajaran tata surya, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada saat menggunakan multimedia pembelajaran tata surya, (3) mengetahui kelayakan media pada multimedia pembelajaran tata surya untuk diimplementasikan pada sekolah lain. Jenis evaluasi yang digunakan yaitu Evaluasi Sumatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil validasi kualitas dan kelayakan penyajian materi dan media pada multimedia pembelajaran dalam mata pelajaran IPA adalah “Sangat Layak”. Setelah menggunakan multimedia pembelajaran tata surya, hasil belajar siswa meningkat. Hal tersebut berdasarkan hasil uji N-gain menunjukan nilai gain sebesar 0,598  “Sedang” berdasarkan nilai gain tersebut,  dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran tata surya pada mata pelajaran IPA kelas VII layak di uji cobakan pada sekolah lain, selain di SMP Negeri 15 Banjarmasin

Keywords


Multimedia Pembelajaran; Evaluasi Sumatif; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Darodjat dan Wahyudhiana M. (2015). Model Evaluasi, Measurement, Assesment, Evaluation. Islamadina, Vol.14, No. 1, (pp.1-28.).

Friesty, Ardina. (2017). Evaluasi Media Pembelajaran Ellis Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas 2 SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. (Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta). (pp.1-138).

Hadi, Sofyan. (2017). Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TRP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, Vol. 1, No. 15, (pp.96-102).

Hadiansyah, Tian. (2018). Pengembangan Buku Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Media Pembelajaran Untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. (Skripsi. Universitas Negeri Jakarta). (pp.20)

Mansur, Hamsi. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Inklusif Dengan Menggunakan Contenance Evaluation Models di SMP Kota Banjarmasin. (Disertasi. Universitas Negeri Jakarta). (pp.16)

Mansur, Hamsi. dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Menyimak Teks Wawasan Kebangsaan. Banjarmasin: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (p.1-33). Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia.https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/ UU_no_20_th_2003.pdf (diakses tanggal 25 Agustus 2022 pukul 15.12 WITA).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License