PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Risma Dwi Kolwatin, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Pemanfaatan video animasi motion diyakini dapat membantu meningkatkan pengetahuan konseptual siswa karena terdiri dari gabungan teks, warna, grafik, gerakan dan narasi membuat animasi motion graphic dapat mencapai indikator pemahaman konseptual yang terdiri dari menafsirkan, memberikan contoh, mengklasifikasi, meringkas, menarik kesimpulan, membandingkan dan menjelaskan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan video pembelajaran animasi motion graphic pada materi tematik 8 kelas VI secara  layak  serta dapat meningkatkan pengetahuan konseptual siswa. Metode pengembangan menggunakan model 4D (four-d) dengan empat tahapan yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Dalam melihat kelayakan video pembelajaran digunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari ahli materi dan media serta siswa. Sedangkan pada peningkatan pengetahuan konseptual, dilakukan pretest dan posttest kemudian dihitung menggunakan penilaian N-gain. Sehingga dapat diperoleh peningkatan pengetahuan konseptual siswa. Dengan demikian pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dikatakan layak dan dapat meningkatkan pengetahuan konseptual siswa. Sekolah dapat memanfaatkan video pembelajaran animasi motion graphic untuk membantu meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi yang bersifat konseptual agar mudah diterima

Keywords


Video Pembelajaran; Animasi Motion Graphic; Pengetahuan Konseptual; Mata Pelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech Volume 1, Nomor 1, 9.

Badjeber, R., & Mailil, W. (2019). Profil Pengetahuan Konseptual Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.2 No.1, 7.

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7, 178.

Fauziyah, E. I., Praherdhiono, H., & Ulfa, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Video Dengan Pengayaan Tokoh Dan Animasi Terhadap Pemahaman Konseptual Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol.3, No.4, 449.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision: D, Measurement and Reasearch Methodology.

Mansur, H., Utama, A. H., & Sari, N. (2021, December). The SAMR Model Online Learning Quality Improvement Training for Working Group Head Elementary School at North Banjarmasin District. In 2nd International Conference on Education, Languages, Literature, and Arts (ICELLA).

Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning Outcomes. International Journal of Instruction Vol.13, No.3, 247-266.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Pada Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 1, 30.

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android. JPPMS, Vol. 5, No.2, 94.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research Aand Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidikan Indonesia (JPPPI).

Muklis, M. (2012 ). Pembelajaran Tematik. Fenomena Vol. IV No. 1, 67-68.

Rejeki, Adnan, M., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 4 No 2, 338.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosdiana, L., & Ulya, R. (2021). The Effectiveness of The Animation Video Learning Earth’s Layer Media to Improve Students' Concept Understanding. Journal of Physics: Conference Series 1899 (2021) 012172, 6.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sa'adah, I., Pramono, S. E., & Suharso, R. (2017). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education 5 (1), 31.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran (Definisi dan Kawasannya). Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan vol.6 no.2.

Tanjung, Y. I., Abubakar, Wulandari, D., & Lubis, R. H. (2020). Kajian Pengetahuan Konseptual (Teori dan Soal). Bandung: Media Sains Indonesia.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdaus, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Vol. 16 No. 2, 102-107.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Volume 4, Number 2, 211-221.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License