PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMAKER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI FABEL UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 25 BANJARMASIN

Antonius Beny Setyawan, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Agus Hadi Utama

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni guna membuat dan mengkaji kelayakan sumber belajar video animasi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin dalam pembelajaran Sastra Indonesia. Penelitian dan pengembangan, atau yang biasa dikenal sebagai R&D, mengacu pada suatu jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini. Model Borg and Gall yang mencakup tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan draf produk, tahap validasi produk, tahap revisi hasil uji coba produk, tahap uji coba lapangan, serta tahap revisi produk merupakan model pengembangan digunakan sebagai pedoman dalam penelitian ini. Hasil temuan uji validasi ahli materi mempunyai skor rata-rata 4,6 dan koefisien 92,5%, kriteria kelayakan termasuk dalam kriteria “sangat layak”, dan temuan uji validasi ahli media pembelajaran video animaker di Mata pelajaran Bahasa Indonesia materi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan koefisien 95%. Temuan ini mendukung pernyataan bahwa materi pembelajaran video animaker “sangat layak” untuk diterapkan.

Keywords


Video Pembelajaran; Bahasa Indonesia; Fabel

Full Text:

PDF

References


Anderson, R. H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka bekerja sama dengan CV. Rajawali.

Anggreani. (2015). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Berk, R. A. (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 5(1), 1–21.

Fahrida Hasan Rahmaibu, F. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajran Menggunakan Adoba Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Kreatif September 2016.

Maulida & Ratumbuysang (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020. Seminar Nasional (PROSPEK).

Pribadi, B. (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2019). Penelitian Pengembangan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License