Evaluasi Multimedia Pembelajaran Dasar-dasar Sinematografi untuk Mata Kuliah Media Televisi dan Video

Arif Rahman Hakim, Hamsi Mansur, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Permasalahan pendidikan yang kerap dirasakan pada proses pembelajaran salah satunya yaitu penggunaan sumber belajar yang kurang efektif. Faktor yang menyebabkan diantaranya seperti fasilitas yang memadai, sumber belajar tidak sesuai keubutuhan, dan penggunaan sumber belajar yang tidak tepat guna. Penelitiian kali ini memiliki tujuan mengetahui kualitas multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi pada mata kuliah media telvisi dan video di program studi Teknologi Pendidikan. Jenis penelitian ini ialah evaluatif dengan menerapkan model evaluasi formatif-sumatif yang dikembangkan oleh Michael Sriven. Hasil evaluasi formatif terhadap multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi untuk aspek kelayakan isi/materi mendapatkan hasil dengan persentase 84,14% dalam kategorii “Sangat Baik”, aspek kelayakan pengajian media mendapatkan hasil dengan persentase 63% dengan kategorii “Baik”. Pada uji coba satu-satu mendapatkan persentase 80,25% berada pada kategorii “Sangat Baik” dan uji coba lapangan mendapatkan persentase 75,75% berada pada kategorii “Sangat Baik”. Hasil evaluasi sumatif menunjukan bahwa pada uji efektivitas multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi memperoleh nilai presentase 75% dengan kategorii “sangat efektif” dan berdasarkan analisis uji-t menunjukan adanya perbedaan nilai antara pretest dan posttest. Nilai pretest 54.18 dan postest sebesar 86.30

Keywords


Multimedia Pembelajaran; Evaluasi Media; Sinematografi

Full Text:

PDF

References


Darodjat dan Wahyudhiana M. (2015). Model Evaluasi, Measurement, Assessment, Evaluation. Islamadina, XIV, 1–28.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ferdiansyah, Rukun, K., & Irfan, D. (2020). Website-Based Learning Media Development for Computer and Basic Network. Social Sciences, Education and Humanities (GCSSSEH), 57.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume. 9, No. 2 Agustus 2019 P-ISSN: 2407-8107 E-ISSN: 2685-453.

Martianingtiyas, E. D. (2019). “Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran.

Nasution, (2012). Teknologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Seel, & Richey. (1994). Insructional Technology :The Definition and Domain of the Field. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.Sugiyono




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License