PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF KELAS X ANIMASI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

Fitria Fitria, Sarbaini Sarbaini, Mastur Mastur

Abstract


Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini menuntut inovasi dan pemanfaatan teknologi secara optimal. Modul elektronik merupakan bahan ajar digital untuk membantu pendidik dan siswa dalam berlangsungnya pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan modul elektronik menggunakan  pendekatan kognitif yang bertujuan untuk mengetahui dan menguji kelayakan dari pengembangan modul elektronik materi hakikat bangsa dan negara. Metode penelitian yang dipakai adalah metode (R&D) dengan model pengembangan 4D meliputi fase pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Uji validasi melibatkan 4 ahli yaitu 2 dari ahli materi dan 2 dari ahli media serta uji coba kepada 10 orang siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul elektronik materi hakikat bangsa dan negara dengan pendekatan kognitif ini mendapat predikat “sangat layak” dan dapat digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran PPKn kelas X Animasi di SMK Negeri 2 Banjarmasin.


Keywords


Media Pembelajaran; E-Modul; Pendekatan Kognitif

Full Text:

PDF

References


Ferdiansyah, Rukun, K., & Irfan, D. (2020). Website-Based Learning Media Development for Computer and Basic Network. Social Sciences, Education and Humanities (GCSSSEH), 57.

Firmansyah, R,l. S. & Rusimamto, P. W. (2020) Validitas dan Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machien Interface pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 2 No 2 , 395-403.

Kadarismanto, (2017). Peningkatan Motivasi berprestasi belajar kewarganegaraan materimemahami hakikat bangsa dan negarakesatuanrepublikindonesia (NKRI) melalui multi metode dan pendekatan Inquiry siswa kelas X MM- 2 SMKN 1 Wonosari. Jurnal Studi Agama. Volume 5, No, 2 (123157).

Mawarsari, V. D,. (2015) Keefektifan Penerapan Perangkat Pembelajaran Berkarakter dengan Pendekatan Inquiri pada Mata Kuliah Geometri Ruang Berbasis ICT, Jurnal KaryaPendidikan Matematika UNIMUS, Volume 4, No 2 (39-46).

Mustofa, B. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Dua satria offset Nana, (2020). Pengembangan Bahan Ajar, Klaten :Penerbit Lakeisha.

Nasution, (2012). Teknologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Nurdyansyah, & Andiek. W. (2015) Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Pornamasari, I, E (2015). Pengembangan Modul pembelajaran berbantu Flipbook Maker dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (THT) berbasis teori vygotsky materi pokokrelsi dan fungsi. Jurnal matematika dan pendidikan Matematika UPGRIS. Volume 7, No 1.

Samsu, Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development, Diterbitkan Oleh: Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (PUSAKA), 2017, 173.

Seruni, R, et.al (2019) Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia pada materi Metabolisme Lipid menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimiya, Volume 4,No 1 : (48-56).

Suryani, N., Ruhimat, M., & Ningrum, E., (2015). Pengembangan buku teks digital Interaktif untuk pemahaman konsep geograf. Gea Jurnal pendidikan Geografi, Volume 15, No 5 (46-58).

Sutarto Sutarto, “Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran,” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, No. 2 (2017): 1–3.

Yolanda, R. & Basri,W. (2021) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Professional Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Kronologil, Volume 3,No 2 : (125136).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License