PEMANFAATAN E-LEARNING SEVIMA EDLINK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA

Muhammad Akbar Haz, Mastur Mastur, Adrie Satrio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan dalam memanfaatkan E-learning Sevima Edlink pada mata pelajaran Bahasa Inggris, mendeskripsikan proses pemanfaatan E-learning Sevima Edlink untuk menunjang proses pembelajaran, dan mengetahui peningkatan hasil belajar melalui E-learning Sevima Edlink pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar bahasa inggris siswa yang menggunakan E-learning Sevima Edlink sebesar 78,6, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar bahasa inggris siswa yang tidak menggunakan E-learning Sevima Edlink sebesar 53,6. Berdasarkan hasil analisis statistik uji t diperoleh nilai thitung pre-test, yaitu 0,08 dengan perbandingan pada signifikan α, yaitu 0,05, maka hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha)ditolak, sedangkan pada post-test diperoleh nilai thitung, yaitu 0 dan dengan perbandingan nilai signifikan α, yaitu 0,05, maka Hipotesis Nihil (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan E-learning Sevima Edlink dengan siswa yang tidak menggunakan E-learning Sevima Edlink terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa SMA

Keywords


E-Learning; Evima Edlink; Hasil Belajar; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Berman,.P. (2006). E-Learning Concepts And Techniques. Institute For Interactive Technologies. Bloomsburg University of Pennsylvania: USA.

Darwanto, M. K. (2021). Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Platform Edlink (Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19). 11, 148–162.

Dimyati & Mujdiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriansyah, M. F. (2021). Pemanfaatan E-learning Quipper School Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX di SMPN 4 Amuntai. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat: Banjarmasin.

Harahap, L. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 8(1), 31.

Mansur, Hamsi & Utama, Hadi, A. (2013). Pemanfaatan Desain Media Ajar Interaktif dengan Program Microsoft Power Point dan Ispring di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lembaga Penelitian dan Pengambdian Masyarakat, 466.

Ni’am, Syaakir., Wibawa, Arif, Hemie., & Endah, Nur, Sukmawati. (2013). Pengembangan Aplikasi Learning Management System (LMS) Pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Bunda Semarang. Journal of Informatics and Technology, 2(1), 11-32.

Suartama, I. K. (2014). E-learning Konsep Dan Aplikasinya. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Ganesha: Singaraja.

Sulaiman, Y. S. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kupang Nusa Tenggara Timur : Sebuah Kajian Dalam Perspektif Etnografi. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 61–65.

Wibowo, A, & Rahmayanti, I. (2020). Penggunaan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 163–174.

Yoki, V., W. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Rosok Magenta Kabupaten Semarang Dengan Metode Rapid Application Development (RAD)., Universitas Katolik Soegijapranata, 0, 33–41.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License