PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 BANJARMASIN

Muhammad Fahmi, Karyono Ibnu Ahmad, Adrie Satrio

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni guna membuat dan menilai kelayakan film pembelajaran pada topik IPS sebagai sumber kontak manusia guna memberikan kemajuan pada  hasil belajar siswa kelas tujuh di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Penelitian dan pengembangan, yang sering disebut dengan R&D, adalah jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini (R&D). Model Alessi & Trollip berfungsi sebagai model pengembangan referensi penelitian. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa ahli media I dan II memberikan kontribusi persentase dalam pembuatan video pembelajaran interaksi sosial untuk topik IPS. Ahli media I rata-rata 4,4 dengan koefisien 89%, sedangkan ahli media II rata-rata 4,4. Persyaratan kualifikasi masuk pada kategori kriteria “sangat layak” dengan koefisien sebesar 88%. Hasil belajar siswa mendapat kemajuan dari sebelum dengan setelah menggunakan video pendidikan, dimana rata-rata nilai rata-rata siswa berkisar antara 62 hingga 88, menurut ahli mata pelajaran yang memberikan nilai dan mendapat persentase 90%, menempatkannya pada kategori “sangat layak". Sesuai dengan temuan ini maka bisa diambil kesimpulan bahwa media video pembelajaran materi interaksi social termasuk dalam “sangat layak” diterapkan guna mengembangkan hasil belajar.

Keywords


Video Pembelajaran; Pembelajaran IPS; Interaksi Sosial; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran, Vol.1 No.1.

Anggito Albi, Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Astawa Ida B. M. (2014). Pengantar Ilmu Sosial. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Barbara B. Seels, Rita C. Richey. (1994). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UNJ.

Benny A. Pribadi. (2017). Media dan Tekonologi Dalam Pembelajaran.Jakarata: Kencana.

Chandra D.K, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang, Vol 4. No.2.

Eko Putro W. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firmansyah Herlan, Dani Ramdani. (2009). Ilmu Pengetahuan Sosial, Jakarta: CV. Djatnika.

Hamid M. A, dkk. (2020). Media Pembelajaran, Yayasan Kita Menulis.

Helaluddin, Hengki Wijaya. (2019). Analisis Data Kualitatif, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hermawan I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayat A. (2012). Konsep Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan (PAIKEM)”, Vol. IV. No.1.

Jahja Y. ( 2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Jihad A, Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Latifah Fitrotul. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP, Vol.1 No.2.

Maulida S. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Vol.1 No.1.

Miarso Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Priatna Aji Mahyuda. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Muatan IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Vol.1 No.2.

Ruhimat T, dkk. (2011). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sawa B. B. (2014). Prinsip Dasar Video Production. https://www.dumetschool.com/blog/prinsip-dasar-video-production.

Setiawan I, dkk. (2016). Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII. Jakarta.

Stephen M. Alessi, Stanley R. Trollip. (2011). Multimedia for Learning, methods and development, Allyn and Bacon.

Suryansyah T. dan Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD, Vol. 4 No. 2.

Thalib S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License