PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELEJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPN 25 BANJARMASIN

Muhammad Ihsan Ramadhani, Mastur Mastur, Agus Salim

Abstract


Penelitian ini didasari dengan keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik, sehingga berdampak pada proses pembelajaran di kelas kurang efektif dan menyebabkan siswa bosan untuk membaca dan memahami pelajaran yang dismapaikan oleh guru. Video Animasi Pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu mengatasi permaslahan tersebut, terlebih pada mata pelajaran IPS di kelas VIII di SMPN 25 Banjarmasin. Video animasi pembelajaran dikembangkan sedemikian rupa dengan model desain 4D yang terdiri dari tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini bertujuannya untuk (1) mengetahui bagaimana proses pengembangan animasi video pembelajaran (2) menguji kelayakan pengembangan animasi video pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah: (1) Video pembelajaran animasi ini menunjukan kelayakan yang dibuktikan dengan persentase rata-rata dari validasi ahli media 3,9 , hasil validasi ahli materi 3,3 ,dan hasil validasi ahli naskah & bahasa 3,1 yang ketiganya termasuk dalam kriteria “Layak”. (2) Hasil persentase tahap uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 3,3 yang termasuk dalam kriteria “Layak”. Dapat disimpulkan bahwa video animasi pembelajaran yang telah dikembangkan ini sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMPN 25 Banjarmasin

Keywords


Video Animasi Pembelajaran; Pengembangan Model 4D; Mata Pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hal 3.

Asyar, Ryandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Daryanto, H. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gravamedia.

Hidayat, M. R., Sofyan, A., & Utama, A. H. (2021). Pemanfaatan Media Montessori Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Instructional Technology, 1(2), 138-145.

Husnunidah, Neni. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademik.

Januszwki. A.. & Molenda. M. (2008) Educational technology: a definition and commentary. New York: Lawrance Erlbaum Associates.

Jembari, Ida A.T., dkk. 2015. Pengembangan Video Animasi Dua Dimensi Dengan Model Waterfall Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 4(1), 38-39.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Penerapan Kebijakan Pendidikan Penularan Virus Corona (COVID-19) Dalam Keadaan Darurat.

Mansur, H. & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 38-39.

Pribadi, B.A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of The Field. Washington. DC: AECT.

Soenyoto, Partono. (2017). Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya (2012).Pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer pada Mata Pelajaran seni budaya semester ganjil kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun 2011/2012. Jurnal Nasional.

Thiagarajan, S., & dkk. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License