PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN MODEL VAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X SMA

Muhammad Rizaldi Fahlifi, Hamsi Mansur, Susanti Sufyadi

Abstract


Web pembelajaran model VAK merupakan media pembelajaran berbasis web dengan model VAK (visual, auditori, dan kinestetik) yang dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan variatif. Karena, web pembelajaran model VAK dikemas dengan materi yang memperhatikan tiga modalitas belajar peserta didik. Dengan memaksimalkan gaya belajar yang disukai peserta didik, mereka dapat mengkompensasi kelemahan mereka dan memaksimalkan kekuatan mereka, memungkinkan pembelajaran yang lebih beragam. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa web pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran visual, auditori dan kinestetik (VAK) untuk peserta didik SMA kelas X materi bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan, kelayakan media dan peningkatan motivasi belajar siswa melalui web pembelajaran model VAK. Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini adalah 4D. Hasil penelitian pada tahap pengembangan ahli media mendapatkan nilai “93,5%” dengan kategori “sangat layak”, penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata “87,5%” dengan kategori “sangat layak”. Peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan web pembelajaran model VAK yang diujicobakan kepada 16 orang siswa, terdapat peningkatan motivasi belajar dengan rata-rata skor n-gain sebesar 0,47% yang termasuk dalam rentang rata-rata sedang

Keywords


Web Pembelajaran; Model VAK; Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Batubara, H, H. (2018). Pembelajaran Berbasis WEB Dengan MOODLE Versi 3.4. DEEPUBLISH.

Depdiknas. (2003). Undang-Depdiknas. 2003. Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdagri.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Hasan, M., Dkk. (2021). Media Pembelajaran. TAHTA MEDIA GROUP.

Husni, A, H. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Peluang Kejadian Majemuk Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas XII Ips Semester Genap 2018/2019 Sma Negeri 1 Selong. Journal Ilmiah Rinjani Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 179. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.202.

Januarisman, E. & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Peserta didik Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 3(2), 170.

Januarisman, E. & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Peserta didik Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 170.

Khosiyah. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik SD Inti No. 060873 Medan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 74.

Kurniawan, D. & Dewi, S, V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 216.

Kusumawati, A., Dkk. (2018). Pemanfaatan Multimedia Berbasis Model Visualization, Auditory, Kinestethic (Vak) Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Edutech, 17(3), 351-352.

Laka, B., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51.

Mansur, H, H., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) Menggunakan Aplikasi PREZI. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 4(3), 566.

Nasution, A, K, P. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Internet. As-salam Press.

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. WADE GROUP.

Pratama, W, A., Dkk. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model VAK Pada Mata Pelajaran IPA Peserta didik Kelas V di SDN 2 Banjar Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 132-141.

Putri, M, M, K. (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (Vak) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Putri, M, M, K., Dkk. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 6(1), 13-48.

Rusydiyah, E, F. (2019). Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0. UIN SUNAN AMPEL PRESS.

Subiyakto, B. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sukmawati, F. (2021). Media Pembelajaran. TAHTA MEDIA GROUP.

Sulaiman, Y, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kupang Nusa Tenggara Timur : Sebuah Kajian Dalam Perspektif Etnografi. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(8), 61.

Warista, B. (2013). Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Jurnal KWANGSAN, 1(2) 81-82. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p72-94.

Widyasari, F, E. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences: Studi Kasus di sekolah Internasional. Jurnal Edutama, 3(1), 32.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License