PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENIINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 6 BARABAI

Risna Agustina, Agus Salim, Agus Hadi Utama

Abstract


Modul Elektronik ialah media pembelajaran berbentuk softfile yang dioperasikan bisa melalui PC maupun Smartphone dalam membantu kegiatan pembelajaran. E-Modul berguna sebagai alternatif buku pelajaran dalam membantu mengatasi permasalahan kejenuhan siswa dalam belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Pembelajaran yang memiliki pemahaman lebih salah satunya yaitu Biologi. Pembelajaran Biologi menuntut siswa untuk memahami tujuan pembelajaran dengan berpikir secara analitism induktif dan deduktif sehingga perlunya alternatif bahan ajar untuk menunjangnya. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan guna mengetahui tahapan pengembangan Elektronik Modul, mengetahui kelayakaan Elektronik Modul pada pembelajaran Biologi dan mengetahui sebuah hasil belajar siswa setelah penggunaan Elektronik Modul. Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) dengan jenis pengembangan Borg & Gall yang tahapan modifikasi terdiri dari perencanaan, pengembangan draf produk, validasi, uji lapangan skala kecil dan desiminasi. Hasil penelitian berdasarkan uji validasi menunjukan E-Modul dikategorikan “Sangat Layak” dari ahli media, “Layak” oleh ahli materi dan “Layak” dari uji respon siswa. Hasil uji coba lapangan menunjukan perubahan hasil belajar setelah menggunakan Elektronik Modul. Hal tersebut menunjukan E-Modul bisa dijadikan media dalam pembelajaran Biologi kelas XI di SMA Negeri 6 Barabai.

Keywords


Media Pembelajaran; Modul Elektronik; Biologi

Full Text:

PDF

References


Ahmadiyanto. 2016. Menigkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaraan Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square pada Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Kelas VIIIC SMP NEGERI 1 Lampihong Tahun Ajar 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 6 No. 2.

Asyhar, R. (2011). Kreatiif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Aulia, Rusdha, dkk. 2016. Perancangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book TIK Kelas XI SMA. Politeknik Negeri Malang, 8.ISSN: 2085—2347, 346–51.

Azhar, Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafiindo Persada.

Bagas. Fliip PDF Professional. https://www.bagas31.info/2017/04/flip-pdf-professional-v2-4-8-multilingual-full-version.html [accessed 30 July 2021].

Faizi, M. 2013. Ragam Metode Mengajar Eksakta pada Muriid. Yogyakarta: Diva Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaaka Setia.

Hamid, Mustofa Abi, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kiita Menulis: 10.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Intan, Pratiwi. 2021. Pengaruh Metode Brainstormiing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Literasi Lingkungan Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi. Diss. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mahmud, A. Z., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA N 10 Banjarmasin. Journal of Instructional Technology, 2(2), 35-39.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Edisi Kedua. Prenadamedia Group: Jakarta.

Rahdiyanta, Dwi. (2016). Teknik Penyusunan Modul. Jurnal Pendidikan

Seel, & Richey. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Setiawan, A. Mansur, H., Mastur. (2020). Pengembangan E-learning Academiana Berbasis Moodle untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal of Instructional Technology.

Suardi, Moh. 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. PT. Indeks: Jakarta.

Widyastuti, Ana. 2020. Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License