PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS INFOGRAFIS DENGAN MATERI BERWUDHU UNTUK KELAS II SD

Dony Saputra, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Agus Hadi Utama

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi di sekolah adalah kurangnya pengembangan dan penggunaan bahan ajar yang memudahkan guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga mempengaruhi pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan infografis sebagai alat bantu pembelajaran bagi PAI tentang tata cara wudhu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pengembangan media infografis ini memiliki empat tahapan yaitu definisi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Pengumpulan data untuk survei ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Ada 2 ahli yang terlibat, ahli media dan ahli materi, yang berperan menilai kelayakan Infografis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa Infografis yang merepresentasikan Tata Cara Whudu mendapat hasil Uji Kelayakan Ahli Media dan Ahli Materi dengan kategori sangat layak. Oleh karena itu, Infografis sangat cocok sebagai sarana pembelajaran bagi siswa SD di sekolah bersangkutan.

Keywords


Media Pembelajaran; Infografis; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


H. Mansur, R Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol.4, No.1, 2020, pp 37-48.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1995 Pasal 31 atay (1) dan ayat (2) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Khomaria, Kartono, Lies Lestari. 2017. Penggunaan Media Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Volume 5 (4).

Munardji. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk S, dkk. (2018). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. (2015). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License