PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII

Achmad Riyadi, Hamsi Mansur, Agus Hadi Utama

Abstract


Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif merupakan langkah yang dilakukan agar peneliti dapat menyampaikan pembelajaran materi tata surya dengan bentuk audio-visual interaktif bagi siswa. Pengembangan dilakukan karena pembelajaran dikelas menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk dan mengetahui hasil belajar siswa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif materi Tata Surya kelas VII di SMP Negeri 15 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan model yang digunakan adalah Borg and Gall. Tahap pada model tersebut yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan sedang, revisi hasil uji coba lapangan sedang, uji coba pelaksanaan lapangan, revisi produk akhir, dan desiminasi implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah kelayakan multimedia pembelajaran interaktif yang diukur oleh ahli materi dan ahli media dinyatakan layak dan media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru maupun murid sebagai salah satu sumber belajar selain buku teks. Sebagai rekomendasi kepada guru, dapat memanfaatkan produk ini dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPA materi Tata Surya dengan pengukuran nilai rata-rata skor 64,16 untuk pre-test dan skor 81,33 untuk post-test.

Keywords


Multimedia Pembelajaran Interaktif; Hasil Belajar; IPA

Full Text:

PDF

References


David Fero. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK Di SMAN 2 Banguntapan.

Mansur, H., Sodyan, A., Mastur, M., Rafiudin, R., & Utama, A. H. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Animasi Sederhana Pembelajaran Bagi Guru-Guru SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin.

Mahmud, A. Z., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA N 10 Banjarmasin. Journal of Instructional Technology, 2(2), 35-39.

Seels, Barbara B. dan Richey, Rita C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Septiana, Nanda. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana Siswa Kelas V SDNU Bangil.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development / R&D). Bandung: ALFABETA. CV.

Sumadi Suryabrata. (2016). Metodelogi Penelitian. Depok : Rajagrafindo Persada.

Suryani, Nunuk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License