PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

Ade Agustiawan, Rafiudin Rafiudin, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Salah satu indikator ketercapaiannya kegiatan pembelajaran adalah menigkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh proses pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang menarik dapat membuat hasil belajar siswa tidak sesuai dengan harapan atau tujuan yang telah ditentukan. Media pembelajaran perlu dikembangkan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang baik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media berupa video pembelajaran yang layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Proses pembelajaran Matematika materi aritmatika sosial di MTs Darul Azhar belum berjalan maksimal, itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya stimulus dalam kegiatan belajar yang mampu meningkatkan motivasi agar mereka dapat fokus dan berkonsentrasi pada pembelajaran yang akan berdampak pada tingkat pemahaman mereka. Video pembelajaran ini dibuat menggunakan powtoon dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development, serta menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendifinisan, desain, pengembangan media , dan penyebarluasan. Video pembelajaran ini diuji coba dengan 30 responden pre-test dan post-test. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media video pembelajaran yang sangat layak pada aspek materi dan media dengan menggunakan powtoon. Sehingga, penerapan dalam pembelajaran praktis dan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada proses pembelajaran di kelas VII MTs Darul Azhar.

Keywords


Video Pembelajaran; Powtoon; Matematika

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622.

Basyiruddin, U. d. (2002). Media Pembelajaran. Ciputat Pers.

Cheepy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. P3AI UPI.

Ernalida, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya Dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat.

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PATA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 25 Kota Bandung). Edutcehnologia, 3(2), 101–114.

H. Mansur. A. Sofyan. Mastur. Rafiudin & A. Hadi Utama. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Video

Pembelajaran Bagi Guru-Guru SDN Pasar Lama 3. Pengabdian Masyarakat. In Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Ismawati, D. A. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–7.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. DeePublish.

Marjan, J. (2014). Pengaruh Peembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’Allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Pasca Sarjana Undiksha.

Mirah, W. (2014). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn di Kelas VI SD Jembatan Budaya. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.

Mukhlisah. (2015). engembangan Kognitif Jean Piaget Dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia (Studi Kasus Pada Mi Pangeran Dipenogoro Surabaya). Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 118–143.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License