PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 21 BANJARMASIN

Denny Hereza, Agus Salim, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Proses pengajaran adalah hal penting dalam mencapai keberhasilan siswa dalam memahami pembelajaran. Di lain sisi, penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan kehadirannya guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Variasi media pembelajaran beragam akan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Terlebih pada mata pelajaran IPA yang mempelajari tentang makhluk hidup dan alam sekitar yang harus menuntut mereka berfikir kritis dan objektif. Sehingga pembelajaran ini kerap dianggap membosankan dan monoton. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pengembangan media video pembelajaran IPA kelas 8 pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Materi sistem ekskresi dipilih karena materi ini perlu bentuk visual dalam pembelajarannya agar siswa lebih memahami. Penelitian ini menggunakan pengembangan model 4D (Four-D) dengan tahap pendefinisian, desain, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukan hasil “sangat layak” berdasarkan hasil uji validasi media sebesar 79%. Sedangkan hail uji validasi materi menunjukan hasil “sangat layak” dengan persentase sebesar 87,5%. Kemudian hasil uji peningkatan belajar siswa menghasilkan peningkatan yang lumayan siginifikan dari sebelum dan sesudah penggunaan produk. Oleh sebab itu, media video pembelajaran sudah dapat dianggap layak sebagai media penunjang mata pelajaran IPA.


Keywords


Video Pembelajaran; Hasil Belajar; IPA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran.

Miarso, Y. h. (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Seel, & Richey. (1994). Insructional Technology :The Definition and Domain of the Field. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc. dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuanititatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mansur, H, and Jumadi. (2017). “Studi Kelayakan dan analisis kebutuhan penyelenggaraan program pendidikan karakter dan restorasi sekolah (ful day school) di SMP se- Kota Banjarmasin.

Mansur, H, and Rafiudin. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4.1: 37-48.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Media Video dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License