PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran mata pelajaran Biologi materi Animalia kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Jenis penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan prosedur pengembangan Borg and Gall. Prosedur tersebut terdiri dari sepuluh tahapan yaitu Research and Information Collecting, Perencanaan, Pengembangan Produk Awal, Uji Coba Lapangan Awal, Revisi Hasil Uji Coba Lapangan Awal, Uji Coba Lapangan Sedang, Revisi Hasil Uji Coba Lapangan Sedang, Uji Coba Pelaksanaan Lapangan, Revisi Produk Akhir, dan yang terakhir Diseminasi dan Implementasi. Hasil validasi oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi menjadi tolak ukur kelayakan media.hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian ahli media adalah 97% dengan kategori sangat layak. Sedangkan ahli materi memberikan nilai 86% dengan kategori sangat layak. Oleh sebab itu, pengembangan multimedia ini dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fero, David. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Flash 8 Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK di SMA Negeri 2 Banguntapan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
AR Aulia, H Mansur, R Rafiudin J-INSTECH: Journal of Instructional Technology 1 (1), 53-59.
Seels, B. B. dan Richey, R. C. 1994. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.
A Nawawi, H Mansur, AH Utama Journal of Instructional Technology 2 (2), 22-29.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D).Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk., Setiawan, Achmad., dan Putria, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
F Latifah, H Mansur, R Adawiyah Journal of Instructional Technology 1 (2), 123-130.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License