PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN

Hartanto Hartanto, Adrie Satrio, Mastur Mastur

Abstract


Tujuan  Penelitian  ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran mata pelajaran Biologi materi Animalia kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Jenis penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan prosedur pengembangan Borg and Gall.  Prosedur  tersebut  terdiri  dari  sepuluh tahapan yaitu  Research and Information Collecting, Perencanaan, Pengembangan Produk Awal, Uji Coba Lapangan Awal, Revisi Hasil Uji Coba Lapangan Awal, Uji Coba Lapangan Sedang, Revisi Hasil Uji Coba Lapangan Sedang, Uji Coba  Pelaksanaan  Lapangan,  Revisi  Produk  Akhir,  dan  yang  terakhir  Diseminasi  dan Implementasi. Hasil validasi oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi menjadi tolak ukur kelayakan media.hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian ahli media adalah 97% dengan kategori sangat layak. Sedangkan ahli materi memberikan nilai 86% dengan kategori sangat layak. Oleh sebab  itu,  pengembangan  multimedia  ini  dapat  dikatakan  sangat  layak  untuk  digunakan  pada pembelajaran.


Keywords


Multimedia Pembelajaran; Adobe Flash; Adobe Animate; Biologi; Minat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Fero, David. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Flash 8 Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK di SMA Negeri 2 Banguntapan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

AR Aulia, H Mansur, R Rafiudin J-INSTECH: Journal of Instructional Technology 1 (1), 53-59.

Seels, B. B. dan Richey, R. C. 1994. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.

A Nawawi, H Mansur, AH Utama Journal of Instructional Technology 2 (2), 22-29.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D).Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk., Setiawan, Achmad., dan Putria, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

F Latifah, H Mansur, R Adawiyah Journal of Instructional Technology 1 (2), 123-130.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License