PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI

M. Imamul Hijrafi, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


E-Learning merupakan media yang dapat membantu peserta didik aktif mengamati, melakukan, dan berinteraksi dengan media tersebut. E-Learning dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik, interaktif, serta bersifat fleksibel. Penggunaan E-Learning akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih interaktif karena didalamnya dapat berisi materi dan sumber belajar dari bermacam format digital, seperti video pembelajaran, animasi, audio, e-book, modul elektronik, Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-Learning berbasis Moodle yang layak digunakan dan dapat meningkatkan kinerja peserta didik di kelas VIII. Pada penelitian dan pengembangan (R&D) ini memakai model Waterfall berisi lima tahap, yaitu requirement, design, implementation, verification, and maintenance. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan uji peningkatan kinerja melibatkan 30 peserta didik di kelas VIII. Hasil Penelitian pada tahap pengembangan menunjukkan E-Learning berbasis Moodle “sangat layak” digunakan dengan rerata skor total dari ahli media sebesar 92,2%. Dari ahli materi mendapat rata-rata skor 97,22%. Setelah dijumlah didapatkan rerata skor total sebesar 94,71%. Sedangkan untuk peningkatan kinerja peserta didik menunjukkan nilai gain sebesar 0,88. Nilai ini menyatakan bahwa setelah menerapkan E-Learning berbasis Moodle, peserta didik mengalami peningkatan kinerja yang signifikan. Peneliti merekomendasikan kepada guru untuk mengembangkan dan memanfaatkan berbagai media agar proses pembelajaran lebih efektif, efisien, dan tidak monoton. Media yang digunakan dapat memberi pembelajaran yang berkualitas dan meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan mata pelajaran PAI dan budi pekerti. Salah satunya yaitu penggunaan E-Learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kinerja dari peserta didik.

Keywords


E-Learning; Moodle; Peningkatan Kinerja; PAI & Budi Pekerti

Full Text:

PDF

References


Amiroh. (2012). Membangun e-learning dengan Learning Management System Moodle. Sidoarjo: PT Berkah Mandiri Globallindo.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. hal.3.

Association for Educational Technology. (2004). The Definition of Educational Technology. Washington: AECT.

Bahri Djamarah, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharmayanti, W., dkk. (2018). Analisis Dan Perancangan E-Learning Adaptif Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 7 Pontianak. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 162. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2046.

Elfaki, N. K., Abdulraheem, I., & Abdulrahim, R. (2019). Impact of e-learning vs traditional learning on student’s performance and attitude. International Journal of Medical Research & Health Sciences, 8(10), 76-82.

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 806–811.

Horton, W. (2010). E-Learning by Design. United States of America: Pfeiffer.

Jati, G. (2013). Learning Management System (Moodle) And E-Learning Content Development. Jurnal Sosioteknologi, 12(28), 277–289. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2013.12.28.3.

Majid, A., & Andayani, D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mansur, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Developing Infographical Media in Learning To Increase The Students’ Interest. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48.

Masnur, Muslich. (2010). Textbook Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 54.

Pershing, J. A. (2006). Buku pegangan teknologi kinerja: Prinsip, praktik, dan potensi. San Francisco: Pfeiffer.

Popham, J. (2015). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (Sixth Edition). Boston: Pearson.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Santi Maudiarti. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 53–68.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi pembelajaran: Definisi dan kawasannya. Penerjemah Dewi S. Prawiradilaga dkk. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ. 10.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Trinova, Z. (2013). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Pada Materi Pendidikan Agama Islam. Al-Ta Lim Journal, 20(1), 324–335. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.28.

Zein, M., & Utama, A. H. (2022). E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Sumber Belajar Materi Analisis Unsur Pembangun Puisi. J-INSTECH, 3(1), 47-55.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License