PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR PADA TAMAN EDUKASI LALU LINTAS BANUA UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Nor Aulia Rahmah, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Penelitian ini berlokasi di Taman Edukasi Lalu Lintas Banua Kota Banjarmasin. Taman Edukasi Lalu Lintas Banua yang dikenal sebagai objek wisata memiliki daya tarik sendiri sebagai sumber belajar. Pada awal pandemic Covid-19, tempat ini sempat ditutup dan membuat beberapa fasilitas kurang terawat. Taman Edukasi Lalu Lintas ini dibangun agar dijadikan sumber belajar khusus anak-anak agar memahami peraturan ataupun pengetahuan terkait Lalu Lintas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, perencanaan, pelayanan, dan evaluasi ditinjau dari sumber belajar yang ada pada taman edukasi lalu lintas banua belum terlaksana dengan baik, seperti perencanaan produk yang masih memiliki kekurangan dan fasilitas yang tidak ada dan belum tersedia, pelayanan yang diberikan pun tidak lengkap seperti tidak adanya papan informasi terkait detail taman, dan evaluasi sistem pengelolaan yang tidak terukur. Beberapa hal menjadi penghambat pada pengelolaan sumber belajar pada Taman Edukasi Lalu Lintas Banua untuk Pendidikan Anak Usia Dini, antara lain pendidikan anak usia dini mempunyai masalah belajar yang berbeda, fasilitas sumber belajar yang ada di taman edukasi lalu lintas banua memerlukan peningkatan kualitas dan kuantitas, terkhusus di masa pandemi Covid-19, taman memiliki kendala dalam pengelolaan media belajarnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Sehubungan dengan hasil penelitian ini maka peneliti merekomendasikan  Kepada Pengelola Taman Edukasi Lalu Lintas Banua dan pemangku kebijakan terkait untuk mengembangkan  kualitas, kuantitas, sarana dan prasarana taman, serta menambahkan papan informasi dan melakukan pengevaluasian taman selama pandemi Covid-19. Serta bagi khalayak umum dapat ikut menjaga dan memanfaatkan taman edukasi lalu lintas sesuai fungsinya.

Keywords


Pengelolaan; Sumber Belajar; Taman Edukasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Dhea, N. (2019). Analisis Pemanfaatan Objek Wisata Gunung Padang Sebagai Sumber Belajar Geografi. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 6(1).

Hanapi, E., Hariyono, H., & Utaya, S. (2017, June). Pemanfaatan objek wisata sebagai sumber pembelajaran kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Moelong, Lexy J.. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda. Hal. 78.

Syaiful Sagala. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Hal.62.

Trianawati. (2017). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License