PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPCHIC DENGAN PENDEKATAN PBL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Rica Rahmah, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Kurangnya variasi media pembelajaran dan keterbatasan kompetensi pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran menyebabkan pendidik kesulitan dalam menyampaikan contoh nyata bentang alam yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui tahap pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Kebun Bunga 3, (2) Untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Kebun Bunga 3, (3) Untuk mengetahui media video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Kebun Bunga 3. Pada penelitian pengembangan video pembelajaran ini merupakan jenis penelitian R&D dengan prosedur pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development, Dessiminate yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Motion Graphic Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Bagi pendidi diharapkan agar dapat memanfaatkan video pembelajaran ini guna mengoptimalkan proses pembelajaran dan jika memungkinkan sebaiknya pihak komite/kepala sekolah dapat mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran kepada pendidik.

Keywords


Video Animasi; Motion Graphic; Problem Based Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Fauziyyah, Zahratul.(2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Siswa Kelas III SDN Merjosari 2 Malang. Sustainability (Switzerland).II.18.

Hilir Alwi. Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. (2021).h:1.

Kosilah, Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Inovasi penelitian. Vol.1 No.6 November 2020: 1139.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik . h.13.

Nuraini, Fivi. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. e-jurnal mitra pendidikan, Volume 1, Nomor 4, Juni 2017:372.

Nurrita Teni. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018:184.

R. Rosanti, A. R. Pangestu & Purwanto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Stop Motion Pada Mata Pelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, (2021). 5(2), 216-225.

Simanjuntak, Launa Lenny Abadi. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Scientific Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SD Kecamatan Parmaksian Kab. Toba Samosir. Phd Thesis. Unimed.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunandar, Berlian.(2019). Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran. Chmk Nursing Scientific Journal Volume 3 Nomor 2,44.

Wulandari, Damayanti Heni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Untuk Siswa Kelas XI Pada Desain Multimedia di SMKN 1 Cibadak. Jurnal Kependidikan, 22–31.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License