PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON MATA PELAJARAN OLAHRAGA MATERI RENANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA VII
Abstract
Masalah umum di sekolah yang sering terjadi adalah minimnya pengembangan dan penggunaan media pada proses pembelajar yang memfasilitasi pembelajaran daring bagi guru untuk memenuhi kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media video animasi berbasis Powtoon sebagai media pembelajaran bidang materi olahraga renang. Metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode penelitian R&D dan 4D merupakan model pengembangan penelitian ini. Terdapat empat tahapan dalam pengembangan media Video Animasi ini yaitu: define, design, develop dan diseminasi. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Melibatkan lima ahli, satu ahli materi, dua ahli media dan dua ahli naskah dan bahasa yang berpartisipasi dalam penilaian media Video Animasi berbasis Powtoon. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media Animasi berbasis Powtoon mata pelajaran Olahraga materi renang sangat bermanfaat. Hasil uji kelayakan media yang ditujukan kepada ahli media, ahli materi, dan ahli naskah termasuk dalam kategori sangat layak. Penerapan Media Powtoon juga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, media Video Animasi berbasis Powtoon sangat cocok sebagai sarana pembelajaran bagi siswa kelas VII disekolah bersangkutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Graham, Bruce. (2015). Power Up Your Powtoon Studio Project. Birmingham: Packt Publishing.
Hidayat, M. R., Sofyan, A., & Utama, A. H. (2021). Pemanfaatan Media Montessori Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD. J-INSTECH, 1(2), 138-145.
Mansur, H., Utama, A. H., & Sari, N. (2021, October). PEDATI Learning Design to Develop Asynchronous Online Learning Methods During the Covid-19 Pandemic. In 2021 Universitas Riau International Conference on Education Technology (URICET) (pp. 65-70). IEEE.
Mendikbudristek Nomor 2 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Talizaro Tafonao, Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018, Hal. 110.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License